Ketika Mengunjungi Nasional United University, Miaoli, Taiwan

Setelah tinggal satu malam di Fullon Hotel (Lih Pao Land) di Distrik Houli, pagi – pagi kami sudah diberangkatkan ke National United University (NUU) di daerah Miaoli. Biasa disebut Miaoli County, mungkin sudah semacam setingkat kabupaten Miaoli berada ditengah – tengah antara Taichung disebelah bawahnya dan Hsincu City dibagian atasnya.

Hari ini merupakan hari ke 5 kami berada di Taiwan dalam rangka studi banding Badan Pendidikan Methodist wilayah I bersama para pimpinan sekolah Methodist yang di fasilitasi oleh ikatan Alumni Taiwan Sumut dan Kementerian Pendidikan Taiwan. Sesuai dengan jadwal, kami harus tiba di kampus jam 9.30 waktu setempat.

Tulisan ini merupakan rangkaian tulisan atas kunjungan ke Perguruan Tinggi di Taiwan yang sudah muncul di website www.klayapan.com antara lain:

Kampus NUU ada di Erping Shan dan Bajia. Kami pun tidak memperhatikan kampus mana tempat kami di terima. Lokasi kampus yang kami kunjungi sepertinya tidak terlalu lama dibangun dan sangat luas sekali. Seperti sebuah kompleks kota Mandiri. Disini beda dengan Chung Hsing University. Kalau disana mahasiswa naik sepeda, kalau disini naik motor. Kelihatan banyak motor yang parkir disetiap gedung. Mungkin daerah kampus agak jauh dari kota. Dan memang dari penjelasannya, pihak kampus menyediakan Shuttle bus ke kota dengan jadwal dan rute yang sudah ditentukan.

Di NUU kami disambut langsung oleh rektor NUU, Mr. Tung Hu Tsai, Ph.D bersama teamnya dengan jumlah yang cukup banyak. Sama seperti kampus lainnya, rata – rata pengajarnya S-3 dan professor. Sehingga kualitas kampus sangat tidak diragukan dari sisi akademis.

Sedikit mengutip sejarah berdirinya NUU yang dimulai pada tahun 1972 dengan nama “Lien Ho Industrial and Technological Junior Collage” dan waktu itu merupakan satu – satunya sekolah tinggi yang ada di Miaoli. Tahun 1973, berubah menjadi”Lien Ho Junior Collage dan Technology” karena ada tambahan beberapa program studi seperti bisnis dan keuangan, tahun 1992 namanya berubah menjadi “Lien Ho Collage of Technology and Commerce”. Kemudian pada tahun 1995, pengurus sekolah sepakat untuk menyerahkan kampus kepada kementerian pendidikan (pemerintah) dan secara resmi menjadi perguruan tinggi negeri dengan nama “National Lien Ho Collage of Technology and Commerce”.

Status sekolah tinggi pada tahun 2003 meningkat menjadi universitas dengan nama “National United University”. Itulah nama terkahir sampai saat ini.

Saat ini NUU mengelola sekitar 7000 siswa yang mengisi di 5 fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Science and Engineering
  2. Fakultas Electric Engineering and Computer Science
  3. Fakultas Manajemen
  4. Fakultas Hakka Studies
  5. Fakultas Humanities and Social Science

Hampir sama dengan perguruan tinggi lainnya, mereka menyediakan dorunitory (asrama), bea siswa, fasilitas belajar yang nyaman dan lengkap, bekerja paruh waktu, dan  lain – lain. Kuliah di Taiwan selain mutu pendidikan, anak – anak dapat belajar budaya masyarakat setempat yang sangat menonjol. Misalnya kebiasaaan antri, sopan, menghormati orang yang lebih tua, tidak mengambil barang orang lain, kemampuan berbahasa mandarin, hidup mandiri, dan lain – lain.

National United University

2, Lienda, Nanshih Li

Miaoli – Taiwan

Website: nuu.edu.tw

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.