Studi Banding di National Chung Hsing University, Taichung – Taiwan

National Chung Hsing University (NCHU) adalah perguruan tinggi pertama yang kami kunjungi dalam rangkaian studi banding selama satu minggu di Taiwan bersama Kementerian Pendidikan Taiwan (Ministry of Education) dan Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) Sumut pada akhir bulan Mei 2017. Ada 30 orang dalam rombongan Badan Pendidikan Methodist Wilayah I bersama para kepala sekolah perguruan dan anggota Yayasan Perguruan Methodist yang ada di Wilayah I.

Setibanya di kampus NCHU, kami disambut oleh Prof Tzung Cheng(T.C) Huan, Ph.D dari International Collge of Innovation and Industry Liaison dan Li-Hsien Hank Chien, Ph.D, wakil Dekan fakultas ekonomi dan juga pejabat yang menangani hubungan internasional.

NCHU adalah perguruan tinggi (PT) pemerintah yang didirikan pada jaman pemerintahan Jepang pada tahun 1919 di Taipei. Sejarah mencatat Taiwan cukup lama dijajah oleh Jepang. Sehingga banyak sekolah, infastruktur merupakan peninggalan Jepang. NCHU pindah dari Taipei ke Taichung pada tahun 1943.

Karena sudah lama berdiri di kota Taichung, lokasi kampus dengan luas 53 ha sepertinya sudah berada di pusat kota. Sangat dekat dengan berbagai akses kemudahan, seperti kereta api. Salah satu ciri khas perguruan tinggi di Taiwan, selain luas kampusnya, staf pengajarnya mayoritas S-3 (Ph.D) dan professor. Hal yang kebalikan dengan PT di Indonesia, dosen S-2nya yang dominasi dan jarang bergelar guru besar (Prof) terutama di PT swasta. Juga disampaikan kepada kami bahwa TKI banyak di Taichung. Bila Sabtu – Minggu, lokasi stasiun kereta api menjadi tempat berkumpulnya mereka.

Dalam struktur akademiknya, NCHU memiliki 40 program studi S-1, 81 program studi S2 dan 38 program studi S3. Jumlah mahasiswanya ada 17.259, dengan komposisi 50% S-1, 34% S-2 dan 10% S-3. NCHU terkenal dengan fakultas pertaniannya, berbagai prestasi penelitian telah dihasilkan dibidang ini. Demikian juga dengan peternakan dan bio teknologi. Info yang lebih detail dapat dilihat di websitenya: nchu.edu.tw. Banyak kisah sukses yang dapat dilihat disana. Perguruan tinggi di Taiwan, umumnya menyediakan pusat studi bahasa (Language Center) untuk mahasiswa yang datang dari luar Taiwan. Disini mereka dapat belajar maksimal bahasa mandarin.

Dari informasi yang kami dengar bahwa PT negri di Taiwan lebih banyak mendapatkan dukungan pendanaan dari pemerintahannya, sehingga fasilitas dan infastruktur kampus dapat terus mengalami perubahan dan berkembang pesat. Disisi lain, NCHU sepertinya tidak banyak mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Itu sebabnya mereka sedang berusaha memperkenalkan NCHU kepada masyarakat Indonesia. Saat kami disana, sempat bertemu dnegan 2 mahasiswa Indonesia yang sedang studi S-2, mereka masuk jalur Internasional. Artinya studi menggunakan bahasa Inggris. Keduanya berasal dari Medan dan sempat juga memberikan sharing tentang kondisi mereka disana dan apa saja kendala yang mereka hadapi.

Satu hal yang unik dikampus NCHU, tidak ada sepeda motor yang lalu lalang. Katanya disini mahasiswa harus naik sepeda di lingkungan kampus. Hal ini tentu saja mengurangi polusi dan kebisingan suara.

Hampir lupa saya ceritakan, bahwa kuliah di Taiwan diperkenankan bekerja paruh waktu. Satu minggu, mahasiswa diizinkan bekerja paling lama 20 jam. Gaji bekerja 1 jam sekitar NTD 120 (Rp.54.000,-). Bila libur semester bisa bekerja lebih lama lagi selama liburan (sekitar 2 bulan).

 

National Chung Hsing University

145Xingda Rd, South Dist,
Taichung City 40227
Taiwan
Website : nchu.edu.tw

 

 

 

 

8 Comments
  1. AIS says

    Masukkan koreksi Pak Petrus, 1 NTD sekitar 400 rupiah, jadi kalo mahasiswa dibayar perjam 12 NTD, terlalu murah. Sepengetahuan sy mahasiswa dibayar perjam part time sekitar 60 -150 NTD. Mohon maaf jika sy keliru

    1. petrus loo says

      thanks atas koreksinya . ada yg salah ketik … harusnya 120 NTD

  2. web portal pendidikan says

    waduh mantap mas, kapan ya saya bisa studi banding juga ke sana

    1. petrus loo says

      bisa aja sih. hrs banyak kontak ke sana. saya ikut rombongan sekolah yang sudah ada yg atur

  3. Irfan Syahputra says

    Dilihat dari dokumentasinya sepertinya sangat menyenangkan bisa ikut study tour ke National Chung Hsing University 😀

    1. petrus loo says

      iya . pasti bang

  4. […] Irfan Syahputra on Studi Banding di National Chung Hsing University, Taichung – Taiwan […]

  5. […] Studi banding di National Chung Hsing University, Taichung – Taiwan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.