Studi Banding Ke TUNGHAI University, Taichung – Taiwan

Pendidikan Taiwan cukup dikenal di Asia, namun mungkin karena kewajiban menggunakan bahasa mandarin dalam pengajarannya, menyebabkan banyak orang di Asia yang menganggap hal itu sebagai hambatan. Salah satu ciri khas perguruan tinggi disana, area kampus yang sangat luas, dosen pengajar lebih dari 50% gelar S3 (PhD) dan professor. Sehingga kualitas pendidikannya sudah mencapai grade diatas rata – rata. Kalau dilihat secara kasat mata, standard pendidikannya sudah rata – rata diatas kita. Belum lagi fasilitas pendukung perkuliahan yang sangat baik, seperti perpustakaan yang sangat mewah dan luas, fasilitas lab untuk masing – masing fakultas, dan lain – lain.

Sungguh bernasib baik dapat mengunjungi Tung Hai University, yang didirikan di tahun 1955 dan salah satu perguruan tinggi Swasta yang tertua di  kota Taichung maupun Taiwan. Berdiri diatas lahan 133 ha dengan 9 fakultas, 34 program studi S1, 34 program studi S2 dan 14 program studi S3 (Phd). Didalamnya ada 17.000 siswa dam sekitar 500 dosen. Semua data kampus dapat diakses melalui websitenya http//oiep.thu.edu.tw. Disisi lain kampus juga menyediakan dormitory (asrama) untuk mahasiswa, terutama mahasiswa yang berasal dari luar Taiwan.

Kunjungan studi banding kami yang mewakili sekolah – sekolah perguruan Methodist yang ada diwilayah I dan didampingi oleh Peter L. Y. Chen dari kementerian pendidikan Taiwan, dan Joko Dharmanadi dan Matseh Kosasih dari Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) Sumut mendapat sambutan yang sangat hangat dan positif. Selain memberikan presentasi tentang perguruan tinggi, juga mendapatkan sharing dari berberapa mahasiswa Indonesia yang kuliah disana. Rombongan kami disambut langsung oleh Bishop Philip Tseng, mantan pimpinan Gereja Methodist Taiwan yang saat ini menjabat sebagai Ketua Yayasan di Tunghai University.

Sebagai perguruan tinggi yang berbasis Kristen, didalam komplek kampus ada bangunan gereja dengan arsitektur yang sangat unik. Keunikan arsitektur gereja inilah yang menjadi landmark Universitas Tung Hai dan dikenal diseluruh wilayah Taiwan. Kami dapat kesempatan berkunjung ke bangunan gereja yang unik ini dan mendapatkan penjelasan langsung mengenai arsitekturnya. Selain belajar, mahasiswa juga diberikan pelajaran dan interaksi yang berhubungan dengan perkembangan moral mereka.

Hal yang menarik lagi mahasiswa diperbolehkan bekerja paruh waktu. 20 jam seminggu maksimal ketentuan pemerintah. Kerjanya hitungan jam. 1 jam sekitar NT 120 (sekitar rp. 54.000). Kalau libur semester boleh kerja penuh. Tergantung bangaimana mahasiswanya mengatur waktu dan ritme kerja. Boleh kerja didalam kampus dan boleh keluar.

Tunghai University

Alamat : No. 1727, Taiwan Boulevord
Xitun District, Taichung 40704
Taiwan, ROC
Student Monitroring : +886-4-23594359
Website : http//oiep.thu.edu.tw

 

 

 

4 Comments
  1. yakub untara says

    inspiratif sekali pak..

    1. petrus loo says

      makasih

  2. […] Studi Banding Ke TUNGHAI University, Taichung – Taiwan […]

  3. […] Studi Banding ke Tunghai University, Taichung – Taiwan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.