Studi Banding Ke Chia Nan University of Pharmacy & Science, Tainan – Taiwan

Setelah 2 hari berada di Kota Taichung dan mengunjungi 2 perguruan Tinggi sejak kami tiba di Taiwan, kami menuju ke Kota Tainan dengan perjalanan sekitar 2 jam. Hari pertama dan terakhir di Kota Tainan mengunjungi Chia Nan University of Pharmacy & Science (CNUPS). Karena kami hanya tinggal satu malam di Tainan paginya sudah harus cek out. Artinya tidak ada kesempatan untuk berlama – lama disini.

Perguruan Tinggi (PT) swasta ini didirikan oleh Mr. Chen Wang yang dimulai dari 300 siswa dengan nama Chia Nan Junior Collage. Karena mereka sangat ahli dibidang pharmacy dan kesehatan dan juga dikarenakan oleh pertambahan siswa yang sangat pesat dan menjadi tiga besar institusi dibidang teknologi di Taiwan pada tahun 1996. Tahun 2000, secara resmi diberikan status resmi universitas oleh kementerian Taiwan yang sekarang dikenal dengan nama Chia Nan University of Pharmacy & Science. Populasi siswa saat ini sudah mencapai 17.000 orang dengan 23 program studi. Mereka fokus di dunia Pharmacy, kesehatan masyarakat, dan ilmu pengetahuan alam. Semua ini dibantu oleh 500 orang tenaga & pengajar yang mengabdi disini. Hampir sama dengan perguruan tinggi lainnya di Taiwan, CNUPS punya tenaga pendidik S-3 (Ph.D) sekitar 65%.

Satu hal yang menarik di kampus ini adalah tempat prakteknya (lab). Dibidang kosmetik/ kecantikan, ada lab untuk pemeriksaaan kulit wajah dan menentukan kosmetik yang cocok dipakai seseorang. Ada lagi lab kesehatan, dimana diajarkan cara memijat untuk kesehatan. Ruangan lengkap dengan ranjang & peralatan pijat. Ada juga museum yang berisi sejarah yang cukup mewah untuk ukuran kampus. Ada lagi museum musik, dipamerkan alat – alat jaman dulu yang dapat memutar lagu dari piringan hitam.

Studi banding ini merupakan rangkaian kerjasama antara kementerian pendidikan Taiwan, Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) Sumut dan Badan Pendidikan Methodist Wilayah I dengan para pimpinan dan kepala sekolah perguruan Methodist. Dikampus ini juga dilakukan tanda tangan MOU dengan kepala sekolah dan yayasan yang hadir.

Informasi yang lengkap mengenai bea siswa, program studi dan hal-hal detail lainnya dapat dilihat di website CNUPS. Beberapa hal positif yang sangat mendukung kehidupan pendidikan di Taiwan adalah budaya masyarakatnya. Seperti sopan santun, tidak mengambil barang milik orang lain, budaya antri dan lain lain. Contoh lain jarang kita dengar bunyi klakson dijalan.

 

Chia Nan University of Pharmacy & Science
No.60, Sec.1, Erren Rd, Rende Dist
Tainan 71710, Taiwan, R.O.C
Website: www.cnu.edu.tw

3 Comments
  1. […] Studi Banding Ke Chia Nan University of Pharmacy & Science, Tainan – Taiwan […]

  2. […] kunjungi dalam rangkaian studi banding selama satu minggu di Taiwan bersama Kementerian Pendidikan Taiwan (Ministry of Education) dan Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) Sumut pada akhir bulan Mei […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.