5 Makanan Khas Lampung, Paling Wajib Dicoba!

Mencoba kuliner khas daerah Nusantara memang bisa menjadi pengalaman kuliner yang baru yang menyenangkan. Termasuk, mencoba makanan khas Lampung yang unik dan sangat khas. Salah satu provinsi di Indonesia ini memang memiliki banyak makanan khas yang populer.

Lampung sudah lama dikenal dengan keindahan alamnya, terutama di Taman Nasional Way Kambas. Selain alam yang perlu dilestarikan, Lampung juga punya budaya kuliner yang perlu dilestarikan dan tidak boleh dilewatkan.

5 Makanan Khas Lampung yang Wajib Dicicipi

Jika berkunjung ke Lampung pastinya tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas Lampung. Berikut adalah 5 makanan khas yang paling wajib untuk para wisatawan icip ketika berkunjung ke Provinsi Lampung.

1. Mirip Pepes, Kuliner Pandap

Jika dilihat sekilas, kuliner Pandap khas Lampung ini akan mengingatkan orang yang memakannya dengan sajian Pepes. Namun, dua kuliner daerah ini ternyata merupakan makanan yang memiliki ciri khas yang berbeda.

Walaupun sama-sama menggunakan daun pisang sebagai pembungkus. Pandap biasanya dimasak dengan cara dikukus. Bahan utama dalam pembuatan pandap adalah daging ikan tongkol. Pengolahan Pandap juga cukup lama di mana bisa memakan waktu sampai 8 jam.

2. Paling Terkenal, Kue Lapis Legit

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa lapis legit merupakan makanan khas Lampung. Lapis legit bisa dibilang merupakan jenis roti yang sangat terkenal di Indonesia. Bahkan, di luar Provinsi Lampung pun banyak orang yang menjual kue ini.

Namun, kue lapis legit yang benar-benar khas Lampung berbeda dengan kue lapis legit biasa. Kue lapis legit khas Lampung memiliki tekstur berminyak. Ada kesan lengket pada rotinya dengan rasa manis. Karena lapis legit Lampung menggunakan lebih banyak telur.

3. Makanan Unik Umba dari Lampung

Makanan unik dari Lampung ini menggunakan bahan yang tidak biasa, yaitu rotan muda. Rotan muda ini kemudian direbus hingga teksturnya menjadi lunak dan empuk, jadi mudah untuk dikonsumsi. Baru dimasak dengan diberi bumbu-bumbu dan rempah-rempah khas.

Makanan khas dari Lampung ini sering kali menjadi sajian oseng-oseng atau lalapan bagi sambal. Rasa dari Umba ini sering disamakan dengan rasa pare karena ada sensasi rasa pahitnya.

4. Paling Gurih dan Segar dengan Gabing

Jika para pembaca menginginkan makanan khas Lampung dengan rasa gurih dan menyegarkan. Maka, gabing bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Tekstur dan kepekatan dari makanan ini akan mengingatkan kita dengan sayur lodeh.

Namun, Gabing memiliki tekstur yang lebih cair dan kuah yang lebih segar. Sayurnya terbuat dari bahan unik yaitu batang kelapa muda. Batang kelapa mud aini kemudian dipotong dan direbus dengan santan sampai meresap. Sebagai lauk, biasanya ditambahkan potongan daging.

5. Segar dan Sehat dengan Kuliner Pindang Patin

Pindang Patin bisa dikatakan sebagai makanan terkenal dari Lampung yang banyak disajikan di seluruh Indonesia. Namun, sensasi pindang patin yang benar-benar khas Lampung pastinya berbeda dengan pindang patin yang disajikan di tempat lain.

Kuliner ini dikenal dengan rasanya yang menyegarkan dan juga menyehatkan. Sensasi pedas, asam, dalam kuah pindang banyak digemari orang-orang di Indonesia. Kuliner ini memiliki dua jenis yaitu yang berkuah bening dan berkuah keruh karena dicampur dengan tempoyak.

Itulah 5 makanan khas Lampung yang wajib dicicipi. Jika berkunjung ke Lampung, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi salah satu kuliner yang sudah disebutkan di atas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Skip to toolbar