6 Rumah Makan Padang Paling Enak di Medan yang Gak Pernah Bohong Enaknya

Sobat Cariers,

Masakan Padang / Minang sudah merambah ke hampir seluruh pelosok tanah air bahkan sudah banyak yang diluar negeri, termasuk di benua Amerika maupun di Eropa. Bagi masyarakat kita, masakan Padang sudah menyatu dengan kehidupan makanan sehari – hari. Sampai di kota mana saja, tidak sulit untuk mencari rumah makan Padang atau Minang.

Walaupun, menurut Wikipedia, sebutan popular menggunakan istilah masakan Padang, sebenarnya sumbernya mayoritas berasal dari Sumatera Barat, bahkan berasal dari Kota Padang. Misalnya asalnya dari Kota Bukit Tinggi, Solok, Padang Pariaman, Payakumbuh dan kota lainnya.

Mari kita simak bersama 6 Rumah Makan Padang paling enak di Kota Medan versi saya ya… Bila sobat cariers kesulitan mencari lokasi, cukup download Aplikasi Pencari Lokasi Cari Aja dari gadget. Didalamnya sudah termasuk peta lokasi berikut google map yang langsung membawa kita ke lokasi.

 

  1. Restoran Sederhana

Mengusung konsep masakan Padang, Restoran Sederhana dengan Logo “SA” dan Sederhana telah merambah hampir ke seluruh pelosok tanah air, termasuk kenegara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Rumah makan yang dirintis oleh H. Bustaman sejak tahun 1972 telah membuka 100 restoran di berbagai lokasi di tanah air dan di Singapura dengan menggunakan sistem waralaba. Tahun 1997, merek dagang Sederhana telah dipatenkan dibawah bendera PT. Sederhana Abadan Mitra.

Restoran Sederhana di Ring Road Jl. Gagak Hitam

Di Medan sendiri sudah banyak restoran Sederhana berdiri. Awalnya di Jl. Pattimura, kemudian di Jl. Brig Jend Katamso, Ring Road Gagak Hitam dan jalan besar menuju Bandara Kualanamu. Tidak semua lokasi pernah saya coba. Yang paling ramai resto yang di Jl. Pattimura. Biasanya kalau beli pulang sering pakai ayam Pop atau gulai ayam atau gulai tunjang kikil. Aishh… nulis aja udah kepengen, nelan air liur terus nih.. Memang luar biasa masakan Padang Sederhana, punya ciri khas tersendiri.

Restoran Rederhana – Sumber TripAdvisor

Sekarang sudah ada gerai yang dekat rumah, di kompleks ruko menghadap ke Ring road Gagak Hitam. Pengen makan masakan Padang Sederhana sudah sangat dekat. Jam operasional umumnya sama, menjelang jam makan siang sudah penuh.

Menu Makanan yang Langsung Tersaji di Meja-sumber backpackstory

 

  1. Rumah Makan Uda Sayang

Uda Sayang punya 2 lokasi di Medan. Awalnya ada di pusat pasar (Pasar terbesar di Kota Medan) dan kemudian ada di Jl. Krakatau no. 11. Di Pusat Pasar sejak jaman dulu sudah sangat popular. Terutama buat yang beli pulang di daerah sekitarnya. Karena dilokasi itu sangat padat dengan orang berjualan dan pembeli, demikian juga kantor-kantor cabang Bank. Masih ingat dulu jaman kerja di Bank, sering titip beli nasi bungkus Uda Sayang di Pusat Pasar.

Tampak Depan RM Uda Sayang-sumber OpenRice Indonesia

Sebagai salah satu rumah makan Padang yang terkenal di Kota Medan, setiap jam makan pasti ramai dengan kunjungan pelanggan. Rumah Makan Uda Sayang yang di Jl. G. Krakatau cukup luas dan dapat menampung banyak pengunjung sekaligus. Sekaligus representatif untuk makan bersama tamu atau teman-teman kantor. Lokasinya nyaman dan ada ruangan yang ber AC. Karena ciri khas rumah makan padang langsung disaji ketika kita duduk di tempatnya, maka proses waktu orang makan sudah tidak terlalu lama. Jadi bila penuh, tidak perlu menunggu lama, bakal ada yang cepat siap.

RM. Uda Sayang di Pusat Pasar-sumber makanmana

Sobat Cariers, disini ayam gorengnya baru digoreng ketika kita pesan. Sehingga rasanya renyah, gurih dan masih hangat ayamnya. Dengan menggunakan jenis ayam kampung, tekstur dan rasanya agak beda. Tapi harga beli ayam mentahnya lebih mahal dari ayam eropah. Itu ciri khas masakan rumah makan Padang paling enak di kota Medan.

Makanan yang Sudah Tersaji di Meja – RM. Uda Sayang di pusat pasar – sumber makanmana

 

  1. Restoran Simpang Tiga

Mengusung konsep masakan Padang/ Minang dan Melayu. Restoran Simpang Tiga telah berkembang menjadi salah satu restoran masakan Padang yang merambah di berbagai lokasi. Awalnya berada di Simpang Tiga Perbaungan dan jalan menuju Pantai Cermin, yang kemudian merambah ke berbagai tempat, bahkan ke luar Kota Medan dan Malaysia. Sebelum sampai ke kota Perbaungan, di jalan lintas juga masih ada satu gerai Restoran Simpang Tiga. Tidak sampai disitu saja, sekarang restoran Simpang Tida sudah ada di kota Pekanbaru dan di Ipoh Malaysia. Kabarnya sudah ada beberapa kota di Malaysia.

Restoran Simpang Tiga

Sobat Cariers yang berada di Medan, restoran Simpang Tiga juga ada di Jl. Mongonsidi No. 26 dan sangat mudah di temukan. Aplikasi Cari Aja sangat memudahkan bila kita butuh cepat untuk mencapai tujuan. Tempatnya juga nyaman ada ruangan berAC dan ada yang non AC, sekalian jadi smoking area.

Ruangan ber AC – restoran simpang tiga

Seperti restoran Padang Lainnya, menu yang disajikan relatif  hampir sama, seperti: Ayam goreng Pop, gulai dan panggang. Kemudian rendang, gulai kikil, dendeng paru, gulai otak, ikan gulai, udang dan banyak lagi menu lainnya. Bila sudah dihidangkan di meja, pasti sobat cariers tak tahan untuk segera menghabiskannya.

Restoran simpang tiga ada di Aplikasi Cari Aja

Setiap gerai restoran Simpang Tiga nyaman untuk dikunjungi, terutama bersama keluarga, teman dan tamu-tamu kita sendiri. Umumnya tamu-tamu luar negeri juga senang makan disini. Jam operasional dari jam 10 pagi sampai jam 3 subuh.

 

  1. Nasi Kapau Hj. Uni Emi

Salah satu masakan Padang/ Minang yang autentik ada disini. Lokasinya ada di Jl. Rotan No. 83, daerah yang dikenal dengan pasar Petisah di Medan. Bila menjelang makan siang, sobat cariers akan kesulitan cari parkir disini. Karena ini juga daerah Pasar tradisional yang terkenal untuk orang berbelanja.

Nasi Kapau Hj Uni Emi

Rumah makan yang tampilannya sederhana ini sangat menyedot perhatian masyarakat penggemar masakan Padang. Disisi lain juga sudah sangat lama rumah makan ini ada di Kota Medan, punya sejarah panjang dan masih tradisional.

masakan rm uni emi – sumber makanmana.net

Menu makannya juga hampir sama dengan tradisi masakan Padang lainnya. Seperti ayam gorengnya yang renyah, kari kambing, gulai kikil sapi, ikan sambal, rendang sapi dan masih banyak lagi. Tidak ada ruangan ber AC disini, jadi harus sedikit berpanas-panasan didalam. Tapi Kata orang, itu lah yang nikmat, ketika kita berkeringat.

ruang dalam rm. uni emi – sumber tripadvisor- 2

 

  1. Rumah Makan Khas Minang Gumarang Jaya

Menempati 2 ruko di Jl. BrigJend Katamso No. 27 C, rumah makan khas minang ini juga ramai dikunjungi pelanggan ketika menjelang makan siang. Bila sedang penuh, sobat cariers harus rela menunggu dan di dalam sambil makan sambil keringatan, karena panas dan pedas. Harus sabar – sabar menunggu antrian.

RM. gumarang jaya – sumber makanmana.net 2

Antrian mulai berkurang sejak dibukanya rumah makan Pondok Gurih yang hanya beberapa pintu ruko dari Gumarang Jaya, yang menyajikan makanan tema Indonesia. Juga terkenal dengan gulai kepala ikan dana yam gorengnya. Agar dapat mempertahankan eksistensinya, Gumarang Jaya harus mampu memberikan pelayanan terbaik serta masakan yang berkualitas.

ayam goreng rm gumarang jaya – sumber makanmana.net

Menu khasnya disini ayam goreng dan peyek udang yang renyah dan gurih. Ayam gorengya berasal dari ayam kampung, sehingga struktur dagingnya tidak gemuk. Memang sedikit agak asin, komentar yang mencoba ketika kita bawa tamu makan disana.

makanan rm. gumarang jaya – sumber kmunitastkj

Sama seperti rumah makan Padang lainnya, kita tidak perlu menunggu lama masakannya disajikan. Paling 10 – 15 menit semua sudah lengkap diatas meja.

 

  1. Restoran Garuda

Restoran Garuda termasuk legenda restoran masakan Padang di Medan. Hampir semua masyarakat Medan tahu nama restoran Garuda dan sebagian besar sudah pernah makan, baik datang ke restorannya maupun berbentuk bungkus pulang ataupun nasi kotak. Karena dalam acara – acara kantor, pesta, gathering atau kawinan sering diberikan makan dalam bentuk nasi kotak. Memang dalam perkembangannya banyak rumah makan Padang juga melakukan hal yang sama. Sehingga banyak competitor makanan sejenis saat ini.

restoran garuda Jl. Palang Merah

Restoran Garuda sudah lahir sejak tahun 1976 dan dalam perjalannya sudah banyak yang menggunakan nama rumah makan Garuda sebagai nama rumah makannya. Sehingga kadang kita sulit membedakan nama yang asli, terutama di luar kota Medan.

interior restoran garuda – sumber travel ruang media

Di Medan sendiri, di era persaingan jenis masakan yang sama dan terus ada yang baru, Restoran Garuda telah memiliki 8 gerai yang tersebar di berbagai lokasi dikota Medan. Sedangkan di Jakarta ada 5 lokasi, seperti di Pluit, Hayam Wuruk, Kelapa Gading, Agus Salim dan Iskandar Muda, Jakarta Selatan.

restoran Garuda ada di aplikasi Cari Aja

Menu – menu khusus yang ada di restoran Garuda, seperti sop daging, udang goreng, cumi gulai, hati ayam sambal, aneka maskan ayam dan ikan dan ,masih banyak lagi menu makanan ciri khas masakan Padang / Minang.

Ada juga yang buka 24 jam loh, seperti di Jl. Adam Malik No. No. 14 dan satu lagi yang di Jl. Palang Merah , Medan.

Tema masakan Padang kadang telah bercampur dengan selera lokal yang lebih menggambarkan masakan Indonesia. Masing-masing sajian tentu disesuaikan dengan ciri khas si pemilik rumah makan dan karakter masyarakat disekitarnya. Yang penting setiap orang bila mencari makanan halal di sebuah daerah kecil, pasti menggunakan rumah makan Padang sebagai patokannya dan tidak perlu mikir panjang lagi. Mudah-mudahan 6 Rumah Makan Padang paling enak di kota Medan ini dapat menjadi referensi kuliner di kota Medan. Bila ada referensi lainnya, silakan tulis di kolom komentar dibawah ini.

Aplikasi pencarian tempat Cari Aja

Sobat cariers yang sulit mencari letak posisinya, mari gunakan Aplikasi Pencari Lokasi dari gadget. Selain makanan dan minuman, di aplikasi pencarian tempat Cari Aja juga dapat kita temukan lokasi mini market, SPBU, ATM, kantor Bank, toko, pusat  kesehatan dan rumah sakit, lokasi wisata, bengkel dan sekolah.

 

 

4 Comments
  1. liana says

    tambuah ciek!
    enak-enak kali nampaknya koh. jadi gak susah nyari masakan Padang di sana ya.

    thanks for sharing ko 🙂

    1. klayapan.com says

      ayo ke medan … heheh

  2. investindoimpacts says

    Wah gak ada yang Palapa ya, padahal kalo di Palembang biasanya yang depannya pake Palapa kayak Palapa Raya itu paling enak lho, lebih enak dari Sederhana.

    1. klayapan.com says

      di medan ga ada Palapa mas

Leave A Reply

Your email address will not be published.