Ikan Bakar Yang Tersesat di Desa Tongging

Ho ho…apa ikan bisa tersesat?? Sebenarnya ikan itu yah tidak bisa tersesat, danau gitu luas emangnya ikan ada rumahnya? Tetapi kalau kudu ditangkap, dibakar dan dimakan artinya ikannya tersesat di perut kita jadinya. Itulah enaknya ikan bakar yang akan kita nikmati di desa tongging ini. Desa tongging ini adalah desa yang juga terdapat air terjun Sipiso piso (boleh cek tentang sipiso piso di artikel “ratusan tangga menuju air terjun sipiso piso”), setelah menikmati naik turun tangga di air terjun sipiso piso maka cacing perut akan mulai menyusun perlatan band dan siap siap memainkannya , jreng jreng kruyuk kruyuk saatnya cacing perut dikasi makan.

ikan

ikan

Bila air terjun menuju ke atas perbukitan maka kita menurunin perbukitan untuk menikmati ikan bakar yang mempunyai ciri khas tersendiri di desa ini, bela belain biarpun hujan sudah merintik rintik atau bisa dibilang walau badai menghadang akan kuhadapi (yah seperti begitulah istilahnya hihihi). Untuk menikmati lezatnya ikanbakar di TONGGING. Ikan bakar yang mempunyai ciri khas di sini bisa dinamakan ikan Tombur bukan karena ikannya ini tukang kombur ya (kombur itu suka bicara omong kosong istilahnya), sesuatu yang menjadi ciri khas di mana ini dimasak dengan bumbu andaliman.

ikan

Andaliman merupakan bumbu khas asia yang diambil dari kulit luar beberapa jenis tumbuhan bersuku jeruk jerukan. Bumbu ini dikenal untuk masakan Batak sehingga bisa dinamakan sebagai “merica batak”. Meskipun tidak sepedas lada atau cabai tapi kalau masuk ke lidah aroma jeruknya terasa mengigit sehingga bisa terasa sensasi kelu di lidah. Dimana pasangan dari andaliman ini seperti saksang , arsik atau ikan lainnya. Jadi kalau makan ikan bakar di sini tanpa ada andaliman terasa seperti sayur tanpa garam. Mmm… its perfect!!

ikan

ikan

Ada beberapa tempat makan di sana yang bisa dipilih dan masing masing memiliki ciri khas masing masing dari cara memasaknya. Seperti yang ada di galbers cafe ini , mereka memasak ikan dengan bumbu andaliman langsung dimasak sekaligus dengan ikannya. Inilah jadi ciri khas dari ikan tombur si rumah makan ini.

Di tempat makan lain seperti tempat makan SILALAHI kita bisa lihat cara masak ikan tomburnya berbeda sedikit dan dia terpisah dari bumbu andalimannya sehingga andaliman bisa dijadikan bumbu untuk ikan lainnya. Dan yang terkenal dari sini adalah arsiknya. Nahh, nikmatnya beragam ragam ya.

ikan ikan

Di luar dari demikian juga ada menu masakan lainnya yang sangat sesuai dengan selera lidah kita, seperti udang , macam macam sayuran. Ada 2 cara kita menikmati makanan di sini , mau duduk di tikar atau duduk di meja makan juga bisa. Kita bisa lihat adanya pondok pondok yang dibangun sambil langsung bisa melihat keluar menikmati makan dan melihat pemandangan.Tapi kebanyakan pilihan kita makan di tikar lebih seru donk pastinya.

ikan

ikan

Cara makan mau pake sendok atau ala Batak aja pake tangan langsung, hahah.. yang pastinya karna saya dari tanah Batak nikmatnya makan pakai tangan itu ada sedapnya juga. Cuman untuk yang tidak terbiasa boleh pakai sendok juga kok. Ingat cuci tangan dulu ya , jangan karna air liur sudah menetes jadi lupa cuci tangan hahaha….. Sambil menikmati tambak tambak dan indahnya pemandangan dari danau toba yang juga bisa dinikmati dari sini terasa sangat adem ayem, seger. Kamu juga bisa berpancing ria karna banyak orang juga yang datang di sini untuk memancing. Sambil menunggu makanan yang di pesan datang kita bisa berfoto ria di desa TONGGING ini,WELCOME TO TONGGING!

ikan

Leave A Reply

Your email address will not be published.