Patung Dewi Avalokitesvara, Pemegang Rekor Muri Patung Tertinggi di Indonesia

Patung Dewi Avalokitesvara Menjadi Icon Wisata di Kota Pematang Siantar dan Pemegang Rekor Muri Patung Tertinggi di Indonesia – Semakin banyak digali ternyata semakin banyak hal yang belum kita ketahui tentang Indonesia. Ragam budaya dan keunikan tersembunyi di tiap wilayah yang siap untuk dieksplor. Misalnya saja seperti Patung Dewi Avalokitesvara yang menjadi icon penting untuk wisata di Kota P.Siantar. Kota yang dikenal dengan tingkat toleransi umat yang terbaik di Indonesia.

Tahukah anda bahwa Patung Dewi Avalokitesvara ini adalah patung tertinggi yang memegang rekor muri ? Tidak hanya menjadi daya tarik untuk dikunjungi tetapi Patung Dewi Avalokitesvara merupakan objek wisata yang sudah dikenal oleh kebanyakan orang. Berada di kota terbesar kedua yang ada di wilayah Sumatera Utara setelah Medan yakni Pematang Siantar. Kabarnya kota ini memanglah punya daya tarik besar untuk mendatangkan wisatawan. Icon terbaiknya adalah Patung Dewi Avalokitesvara. Selain juga sebagai wisata rohani bagi umat Buddha. Banyak umat yang datang beribadah, terutama dihari-hari besar keagamaan.

icon wisata siantar, patung tertinggi di indonesia, rekor muri indonesia

Tentang Patung Dewi Avalokitesvara
Menjadi salah satu rekomendasi objek wisata yang membanggakan, Patung Dewi Avalokitesvara atau lebih dikenal dengan Patung Dewi Kwan Im. Mereka menyebutnya dengan sang dewi welas asih. Di pematang siantar, Patung Dewi Avalokitesvara ini menjadi patung dewi yang paling tinggi atau dinobatkan sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara.

icon wisata siantar, patung tertinggi di indonesia, rekor muri indonesia

Patung Dewi Avalokitesvara memiliki tinggi 22,8 m yang berada di Vihara Avalokitesvara. Tepatnya di pusat kota Pematang Siantar yakni Jalan Siposo-poso. Dari nama vihara ini juga merupakan sebutan dari Dewi Kwan Im yang artinya ialah mendengar suara dunia. Patung Dewi Avalokitesvara diimpor langsung dari China yang juga sudah dibangun selama hampir 3 tahun. Sementara peresmiannya ada di tanggal 15 November 2005.

Sampai saat ini Patung Dewi Avalokitesvara pembangunannya masih terus dilakukan pembangunan yang tujuannya adalah membuat sempurna Patung Dewi Avalokitesvara. Berada di lantai atas untuk bangunan berlantai dua. Nantinya sebelum pengunjung masuk, anda bisa menaiki tangga dan akan disambut oleh dua patung di dua sisi tangga. Patung ini adalah patung catur mahadewa-raja. Mereka juga lebih mengenalnya sebagai malaikat pencatat kebaikan dan keburukan. Keindahan dari Patung Dewi Avalokitesvara ini terpancar dari lampion – lampion yang berhiaskan di depan bangunan.

icon wisata siantar, patung tertinggi di indonesia, rekor muri indonesia

Bagian depan dari Patung Dewi Avalokitesvara ini adalah lonceng besar. Bangunannya begitu membuat mata tersihir dan kawasannya juga lengkap dengan patung – patung shio seperti kepercayaan dari masyarakat Tionghoa. Dengan berjejer rapi, patung shio ini diwujudkan dalam bentuk hewan sebagai simbol shio. Misalnya saja seperti kerbau, tikus, macan, kelinci dan lain sebagainya. Pada saat banjir beberapa waktu yang lalu disungai yang berada di belakangnya, patung-patung ini sempat terimbas longsor. Sehingga harus dipindahkan lokasinya.

icon wisata siantar, patung tertinggi di indonesia, rekor muri indonesia

Memang dengan adanya Patung Dewi Avalokitesvara ini vihara yang awalnya sebagai tempat peribadatan menjadi daya tarik yang berbeda bagi kebanyakan orang. Tidak hanya dari penganut agama Budha saja. Bahkan pengunjung yang datang ke Patung Dewi Avalokitesvara ini juga berasal dari luar negeri. Mereka ingin menjadi saksi bahwa Patung Dewi Avalokitesvara merupakan yang tertinggi se Asia Tenggara. Tak sedikit mereka mengabadikan momen liburan di Patung Dewi Avalokitesvara.

icon wisata siantar, patung tertinggi di indonesia, rekor muri indonesia

Situasi di vihara juga terbilang tenang. Penataan lokasinya akan memberi rasa nyaman kepada pengunjung. Ada kolam ikan yang dikelilingi oleh komplek vihara serta menambah suasana asri. Ada empat pilar yang berbentuk naga dan membuat Patung Dewi Avalokitesvara semakin menarik. Terlihat semakin kokoh yang mana empat pilar itu menyanggah Patung Dewi Avalokitesvara. Bukan tidak mungkin apabila perawatan dan pembangunan dari Patung Dewi Avalokitesvara ini selesai semakin banyak pengunjung yang datang untuk melihat kemegahannya.

icon wisata siantar, patung tertinggi di indonesia, rekor muri indonesia

Patung Dewi Avalokitesvara ini berada di Jalan Pusuk Buhit, Karo Siantar. Siapa saja bisa mengunjunginya akrena memang dibuka untuk umum. Untuk mengunjunginya, wisatawan bisa datang di jam siang hingga jam tutupnya adalah jam 5 sore hari. keindahannya memanglah membius para wisatawan yang datang.

Indonesia sekali lagi menunjukkan ragamnya keunikan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Salah satu yang berhasil membawa nama Indonesia adalah Patung Dewi Avalokitesvara. Betapa tidak, kemegahan dan keindahannya disukai banyak orang bahkan wisatawan asing. Tidak hanya menjadi tempat ibadah melainkan juga icon wisata kota Pematang Siantar. Kabarnya, Patung Dewi Avalokitesvara memegang rekor muri patung tertinggi di Indonesia.

Memang ketika berkunjung ke satu wilayah selalu ada banyak hal yang menyenangkan dan unnik untuk digali. Terutama kota – kota yang memiliki objek wisata tersendiri. Ini yang menjadi alasan mengapa banyak wisatawan asing semakin tertarik untuk datang ke Indonesia. Tak lain karena mulai diperhatikan dengan betul bagaimana objek wisata terawat dan mendatangkan banyak pengunjung.

Atur jadwal anda bersama orang tersayang dan keluarga untuk tahu bagaimana bangunan Patung Dewi Avalokitesvara yang mempesona. Karena momen untuk tahu patung tertinggi di Asia Tenggara ini tentulah sangat menyenangkan. Lokasinya tidak sulit untuk dijangkau. Bahkan dengan perencanaan yang bagus, perjalanan wisata ke Pematang Siantar akan berkesan.

Patung Dewi Avalokitesvara menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Indonesia bagi seluruh masyarakatnya. Kini saatnya sebagai masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga kekayaan dan keunikan ini. Tertarik untuk segera mengunjungi Patung Dewi Avalokitesvara?

Leave A Reply

Your email address will not be published.