Kemeriahan Reuni Akbar SMA Budi Mulia Pematangsiantar, Pertama Setelah 60 Tahun

Kemeriahan Reuni Akbar SMA Budi Mulia Pematangsiantar, Pertama Setelah 60 Tahun – Kota Pematangsiantar Heboh!!! Itu adalah kata yang langsung terucap saat melihat suasana yang sangat meriah di sekitar sekolah SMA Budi Mulia di Jalan Melanthon Siregar No. 160 pada tanggal 14 April 2018 yang lalu.

Suasana memang sangat ramai, karena hampir 1.000 alumni SMA Budi Mulia hadir di sekolah SMA Budi Mulia dengan mengenakan KAOS hitam yang bertuliskan tagline acara PULKAMCOOY!! Para alumni yang hadir bukan hanya yang berasal dari PematangSiantar saja, namun hadir juga dari beberapa kota lainnya seperti Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya dan sebagainya. Suasana juga semakin meriah karena adik-adik yang masih duduk di bangku SMA khususnya kelas 1 dan 2 yang berjumlah sekitar 400 orang juga ikut hadir dan meramaikan suasana.

Tiada perbedaan antara satu dengan yang lain. Tanpa memandang usia dan angkatan, semuanya begitu akrab dan menjadi satu dan saling berbaur meskipun baru pertama sekali bertemu. Suasana nostalgia dan suasana sekolah menumbuhkan rasa kebersamaan satu dengan yang lain. Tidak salah tema yang diusung “Kebersamaan dalam Kebhinekaan”. Tepatlah nanti tanggal 1 Agustus 2018, SMA Budi Mulia PematangSiantar berusia 60 tahun dan acara Reuni Akbar ini adalah yang PERTAMA dilaksanakan setelah hampir 60 tahun. Bravo!!!

Ada beberapa rangkaian acara yang dilakukan di pagi hari. Saat para alumni tiba di tempat tentunya yang pertama harus dilakukan adalah pendaftaran dan kemudian sarapan. Sarapan yang disediakan panitia adalah sarapan khas Siantar atau yang disebut Lonsay atau Lontong Sayur. Wow… bagi para alumni yang sudah jarang makan Lonsay tentunya sarapan ini menjadi sangat nikmat dan enak…

Setelah sarapan, acara berikutnya yang tidak kalah seru adalah BM PARADE BECAK (BSA). BSA adalah singkatan dari Birmingham Small Arms atau sering juga disebut Becak Siantar Asli. Sebenarnya di Indonesia, motor BSA sudah mulai masuk sejak zaman penjajahan Belanda. Nama BSA mulai tersohor di tanah air juga karena faktor pernah dipakai untuk kebutuhan perang. Sayangnya, kepopuleran BSA kemudian jadi ikut tergerus oleh kehadiran motor buatan Jepang di Indonesia yang dilestarikan jadi Bentor. Sebagian BSA yang masih bertahan kemudian digunakan untuk keperluan angkutan becak motor di PematangSiantar, Sumatera Utara dan sampai saat ini hanya sedikit yang tersisa. Dan pada tanggal 14 April yang lalu, menjadi suatu kesempatan bagi para alumni SMA BM mem-paradekan BSA di acara Reuni Akbar SMA Budi Mulia. Dan 88 BSA pun mengelilingi kota PematangSiantar (Simpang Empat, Lapangan Simarito, Taman Bunga, Tugu Becak, Pasar Horas, Makam Pahlawan, Vihara Avalokitesvara, Kolam Renang Detis, dan Sekolah SMA BM Jalan Sibolga).

Sejarah BSA banyak di PematangSiantar dan seharusnya tetap menjadi Icon yang dilestarikan. Rombongan parade BSA berhenti di dua titik untuk melakukan pemotretan bersama yaitu di Vihara Avalokitesvara dimana terdapat patung Dewi Kwan Im tertinggi se-Asia Tenggara dan dilanjutkan perjalanan menuju jalan Sibolga untuk berfoto bersama di bawah pohon Trembesi yang juga menjadi bagian dari sejarah perjalanan SMA Budi Mulia PematangSiantar.

Setelah parade BSA, seluruh Alumni dan murid SMA Budi Mulia berkumpul untuk melakukan prosesi Pembukaan Acara Reuni Akbar SMA Budi Mulia PematangSiantar. Secara simbolis dilakukan dengan pelepasan balon dan burung merpati oleh Bruder Silvester Simamora sebagai kepala sekolah SMA Budi Mulia, Ketua dan Wakil Ketua Panitia serta perwakilan dari Dewan Penasehat Reuni Akbar SMA Budi Mulia.

Setelah prosesi pembukaan, tentunya acara selanjutnya adalah beberapa hiburan yang disajikan oleh adik-adik SMA seperti Vocal Group, Solo Singer dan juga Tarian Modern serta persembahan dari para Alumni Senior seperti dari BM 68, BM 69 dan BM 70 yang mempersembahkan beberapa lagu dan juga hiburan dari penyanyi band yang mampu menarik semua Alumni untuk ikut menari dan berjoget.

Di sela-sela hiburan, panitia juga menyiapkan satu acara yang sangat mulia yaitu BM GIVING BACK, dimana dalam acara ini para alumni memberikan tanda kasih kepada guru-guru yang masih aktif mengajar di sekolah dan yang sudah berjasa mendidik para siswa-siswa SMA Budi Mulia menjadi siswa-siswa yang berguna bagi nusa dan bangsa dan selain kepada guru, para Alumni juga menyerahkan beasiswa kepada siswa SMA yang berprestasi, beberapa buku bacaan beserta satu set alat music batak yang diserahkan ke pihak sekolah untuk digunakan dalam kegiatan seni sekolah. Semoga acara BM GIVING BACK sangat bermanfaat dan mengajarkan kepada kita semua untuk selalu mengingat kebaikan dan jasa para guru yang sudah berbakti mendidik siswa-siswanya.

Acara berakhir sekitar pukul 2 siang yang ditutup dengan acara makan siang bersama. Dan selanjutnya para Alumni melakukan aktivitas masing-masing sambil menunggu acara pukul 17.00 wib di Restaurant International Jalan Gereja PematangSiantar.

Salah satu acara yang sudah dipersiapkan oleh panitia di acara malam hari adalah BM Memori. Jumlah alumni yang hadir tidak jauh berbeda seperti di pagi dan siang hari. Ada sekitar 850 orang termasuk beberapa guru senior yang memang sengaja diundang untuk memeriahkan acara BM Memori. Dalam acara BM Memori, para alumni juga memberikan tanda kasih kepada para guru senior atau guru yang sudah tidak aktif mengajar di SMA Budi Mulia. Suatu acara yang sungguh tidak akan terlupakan, dimana para guru dipersatukan menjadi satu dalam acara Reuni Akbar SMA Budi Mulia PematangSiantar 60 Tahun.

Acara BM Memori juga dimeriahkan oleh Grup Band ternama di Sumatera Utara bahkan sudah Go Internasional yaitu Marsada Star. Beberapa tembang lawas yang dibawakan membuat para alumni yang hadir seperti kembali di masa SMA, berjoget, meloncat, tertawa bahkan berteriak tanpa memandang usia. Dan acara semakin meriah dengan kehadiran Bintang Tamu Dipo Pardede yang dengan suara merdunya memukau seluruh tamu sehingga membuat suasana semakin meriah. Meskipun waktu sudah beranjak malam, namun para alumni masih tetap setia mengikuti acara demi acara, menyaksikan penampilan para alumni yang memberikan penampilan terbaik mereka. Acara BM Memori ditutup dengan Door Prize dan malam itu yang beruntung mendapatkan Grand Prize TV LG 32 INCH adalah Alumni BM 90. Selamat!! Dan dengan berakhirnya BM Memori, tentunya berakhir pulalah rangkaian acara REUNI AKBAR SMA BUDI MULIA PEMATANGSIANTAR.

Tentunya acara-acara tidak luput dari kesalahan..

Dan atas nama panitia Reuni Akbar SMA Budi Mulia PematangSiantar mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan dan sekaligus mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh alumni SMA Budi Mulia dari angkatan 61 sampai dengan 2017 serta para donator dan badan usaha yang sudah mendukung terlaksananya acara Reuni Akbar ini.

4 Comments
  1. Charlie Wijaya says

    Reuni Akbar BM ke-60 tak akan terlupakan dimana semua alumni dapat bertemu kangen satu sama lain nya.. bravo buat BM 86…

    1. klayapan.com says

      bravo !!

  2. Robinhot Gultom says

    Kenangan manis semasa SMA teringat kembali ketika saya sekolah pada tahun 1981 sd 1984. SMA Budi Mulia is the best.

    1. klayapan.com says

      mantapp

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.