Nasi Memeng di kota P. Siantar dari Generasi ke Generasi

Nasi Memeng di kota P. Siantar dari Generasi ke Generasi – Orang bilang kalau sudah ke Indonesia tidak ke Bali artinya tidak datang Indonesia. Kalau kata saya datang ke kota Pematangsiantar tidak mencoba kuliner Nasi Memengnya artinya gak pernah ke kota Siantar.

Nasi Memeng yang sudah saya makan dari kecil sampai saya sudah jadi orang dewasa ini tetap menjadi salah satu makanan favorite saya di kota kelahiran saya Pematangsiantar. Kenapa di bilang dari generasi ke generasi karena saya melihat pertukaran dari penjual memeng tersebut dari kakek, anak sampai sekarang sudah ditangani sama cucunya dan kemungkinan sebentar lagi sudah berganti ke cicit ya? Siapa tahu.

Nah, apa itu nasi memeng sampai saya kalau kaki sudah menginjak kota P. Siantar pertama kali yang muncul di benak itu nasi memeng donk. Gak bisa naik motor naik becak (angkutan khas Pematangsiantar) pun jadi untuk bisa makan nasi ini.

nasi memeng, pematang siantar, wisata kuliner

Nasi memeng itu sejenis nasi sayur yang ada campuran taoco, bihun, lode, keripik kentang dan beserta lauk apa yang ingin dijadikan pendamping dari nasi ini seperti telur bulat, ayam goreng, ayam gulai, ikan, telur dadar, kalau saya cukup telur bulat dengan cabenya slruuuupppp…sudah lezat banget .

Kamu bisa memilih apa nasi ini mau basah atau kering, terserah dengan permintaan masing masing. Kalau basah kemungkinan pedas itu lebih tinggi bagi yang tidak sanggup untuk pedas yah bagusnya jangan siram kuah taoconya kebanyakan.

Dulunya lauk dari nasi memeng itu hanya seperti yang seperti saya sebutkan di atas tapi orang bilang bisnis itu harus ada berkembangnya dan nasi memeng juga gak mau kalah sekarang ini ada jengkol, ada sate ada panggang ikan yah lumayan lah udah beragam ragam lauknya. Oh yah bagi penggemar tulang tulang ayam boleh dicoba banget tulang ayam gulenya.  Aduh ngebayangin aja air liur ini sudah deras rasanya.

nasi memeng, pematang siantar, wisata kuliner

Nah sekarang kita melihat dari sisi porsi makananya , porsi makan dari nasi memeng itu orang bilang itu seperti nasi kucing, makan 2 atau 3 suap sudah habis. Jadi kalau makan di sini dengan nasi tambah itu tidaklah heran malah dengan tidak ada nasi tambah yang harus heran kecuali orang itu lagi diet kali ya. Pada saat saya masih di sekolah dasar saya dan papa saya 2 orang bisa tambah sampai 14 piring.. wahhh gila bener kalo dibayangin sekarang ya. Sampai kadang malu juga dah tambah sepuluh piring kita tutup tutup dengan barang lain tambahan 10 piring di meja tersebut …. ha ha ha …..

Namun  menjelang saya sudah beranjak sma dan seterusnya sepertinya porsi nasinya sudah agak ditambah jadinya untuk nambah segitu banyaknya tidak mungkin lagi. Sekarang ini untuk porsi saya nambah 1-2 piring sudah cukup.Mungkin bagi cowo bisa nambah lebih lagi sih. Uih… kadang ada teman saya yang datang dari kota lain ada yang bisa nambah lebih dari 5 juga. Gile juga ya kadang dipikir… perut apa perut itu ya. Karna harga dari sepiring nasi tersebut bukanlah termasuk golongan mahal seperti nasi sayur dengan telur di harga 12.000 dengan nasi tambah 3000 rupiah perpiringnya jadi untuk makan sampai puas banyak kalangan bisa terjangkau.

nasi memeng, pematang siantar, wisata kuliner

Untuk air minum sebelumnya hanya tersedia air putih yang sudah disediain di meja tetapi sekarang sudah ada menu lainnya seperti teh botol, es teh manis, es teh tawar dan lainnya.

Untuk nasi memeng ini sendiri kalau mau makan dia bukanya dari pagi jam 7 sampai habis sekitaran jam 9.  Yah kalau ada di saat hari besar tertentu bisa jam 8 lewat sudah habis.  Dan untuk malam hari dia bukanya di jam 6 sampai habis biasanya sekitaran jam 9 atau jam 9 lewat juga. Untuk hari senin nasi memeng tidak buka ini sudah dari zaman zaman kakek mereka hari senin itu adalah hari istirahat mereka. Untuk hari besar Muslim seperti menjelang puasa dan hari raya idul fitri dan haji mereka juga tutup. Tetapi tanggal 1 bulan 1 mereka tetap buka.

Jadi kalau mau mencoba nasi memeng jangan di saat hari libur besar umat islam karena mereka pasti tidak buka. So guys kalau ada melewati atau kuliner ke kota pematangsiantar jangan lupa mencoba nasi memeng ya.

nasi memeng, pematang siantar, wisata kuliner

2 Comments
  1. liangs says

    lokasi alamatnya dimana ya ?

    1. Petrus Loo says

      Lokasinya ada di Jl. Wahidin di Siantar…

Leave A Reply

Your email address will not be published.