Mesjid Raya Medan, Destinasi Wajib dan Salah Satu Mesjid Tertua dan Bersejarah

Mesjid Raya Medan, Destinasi Wajib dan Salah Satu Mesjid Tertua dan Bersejarah – Masjid adalah salah satu identitas bagi umat muslim. Tempat ibadah yang selalu memberikan rasa tenang dan nyaman. banyak daerah – daerah atau kota yang hampir semuanya memiliki masjid dengan keunikan tersendiri. Misalnya saja Mesjid Raya Medan yang sekarang sudah dirasa menjadi destinasi wajib di Kota Medan. Tidak hanya itu. Mesjid Raya Medan juga merupakan mesjid tertua dan memiliki nilai sejarah.

mesjid raya medan

Kota Medan merupakan wilayah yang menyimpan banyak keindahan. Tidak hanya untuk urusan kuliner tetapi juga bangunan unik lainnya. Mesjid Raya Medan menyimpan banyak cerita yang patut untuk diketahui. Para wisatawan biasanya akan mampir untuk menyaksikan kemegahan Mesjid Raya Medan. Terutama bagi mereka yang ingin beribadah, mereka bisa mendapati suasana adem dan tentram. Ulasan selengkapnya mengenai Mesjid Raya Medan bisa kita simak dibawah ini.

mesjid raya medan

Arsitektur dari Masjid Bersejarah di Medan
Mengunjungi Medan akan terasa lebih lengkap jika turut datang pula ke Mesjid Raya Medan. Masjid ini dibangun di tahun 1906 yang mana penyelesaiannya ada di tahun 1909. Awal pendiriannya adalah menyatu dengan kompleks dari istana. Uniknya, pengunjung bisa merasakangaya arsitekturalaTimur Tengah, India bahkan Spanyol. Dengan bentuk segi delapan yang dilengkapi sayap di bagian selatan serta timur dan baratmenjadikannya semakin kokoh.

mesjid raya medan

Merupakan saksi sejarah, Mesjid Raya adalah saksi dari kehebatan Suku Melayu yang merupakan pemilik dari Kesultanana Deli. Masjid ini tidak pernah sepi dari pengunjung atau para umat muslim yang ingin beribadah. Beberapa kegiatan keagamaan seringkali diadakan di halaman masjid. Usia dari masjid ini bisa dibilang kurang lebih 110 tahun. Tapi jangan salah, Mesjid Raya  masih berdiri kokoh dan segala keindahannya terpancar.

mesjid raya medan

Menurut sejarah memang Mesjid Raya didirikan oleh Makmun Al Rasyid perkasa Alam yang aman ia adalah seorang raja pertama dari Kesultananan Deli. Setelah berdiri megah bangunan ini tidak pernah sekalipun sepi dari jamaah. Baik mereka yang memang bertujuan untuk beribadah disana atau mereka yang hanya sekadar singgah untuk melakukan wisata religi.

mesjid raya medan

Mesjid Raya menjadi sangat unik karna mengadopsi dari ketiga gaya bangunan di wilayah benua yang berbeda. Pengunjung bisa melihat keaslian yang terjaga yang ada di sisi timur bagian luar. Sementara untuk bangunan tua yang merupakan tempat berwudhu tetaplah terawat. Di sisi barat pengunjung bisa melihat kawasan makam dari para raja dan juga sultan Deli.

mesjid raya medan

Dari beberapa segi ini saja, Mesjid Raya sudah memancarkan keunikannya. Keaslian Mesjid Raya juga terasa di bagian dalam. Ketika pengunjung melangkahkan kaki di dalam Mesjid maka pengunjung akan bisa menemukan pemandangan bangunan yang indah dan sarat dengan ornamen-ornamen desain masjid langka. Mulai dari lampu gantung hingga mimbar imam semuanya tertata dengan sempurna.

mesjid raya medan

Wisatawan religi atau jamaah juga bisa menemukan Al-Qur’an raksasa yang tersimpan di Mesjid ini. Uniknya, al-qur’an raksasa ini ternyata ditulis manual menggunakan tangan dan kondisinya memang sudah usang. Tetapi masih menjadi daya tarik paling diminati oleh para wisatawan religi dan jamaah.

Mesjid Raya  berada di jantung Kota Medan. Tepatnya ada di jalan Sisingamangaraja Kecamatan Medan Maimun atau Medan Kota. Letaknya tidak akan jauh dengan Istana Deli (Istana Maimun). Bisa dibilang Mesjid ini adalah bukti dari sebuah eksistensi suku melayu yang ada di Medan. Arsitektur yang unik nan cantik membuat Mesjid Raya menyihir banyak para jamaah yang datang.

Kemegahannya ini yang menjadi alasan mengapa umat muslim terutama yang ada di wilayah sekitar berbondong – bondong untuk datang dan menjadi saksi dari Mesjid Raya Medan yang megah. Dibangun pada abad 20an, menyimpan banyak sejarah dan nilai budaya. Masukkan masjid yang harus anda kunjungi ketika berada di Medan. Tidak lain untuk menyaksikan bagaimana nilai seni yang sangat artistik terpancar dari Mesjid ini.

Meskipun menjadi mesjid yang tertua tetapi sangatlah terawat. Tidak jarang banyak para jamaah dari luar wilayah yang datang. Baik untuk sekadar wisata religi saja atau untuk datang dan singgah beribadah di dalamnya. Umat muslim di sekitar wilayah tersebut sangatlah mengenali bagaimana perasaan kagum. Tidak hanya itu, melihatnya membuat decak kagum dan menunjukkan keagungan Allah SWT.

Jadwalkan kunjungan ke Kota Medan ketika hari libur. Karena berwisata religi tidak hanya mampu membuat hati tenang dan senang. Melainkan juga membuat kita banyak mengetahui bangunan bersejarah dalam Islam yang ada di Indonesia. Pasti tidak akan asing lagi yang mana tiap wilayah biasanya memiliki bangunan atau masjid unik sendiri. Sama halnya dengan demikian, Medan memiliki Mesjid Raya  yang telah menjadi destinasi wajib.

Ikon yang bersejarah dan artistik. Mesjid Raya Medan menjadi bukti kemegahan tempat beribadah umat muslim yang tenteram. Dari ulasannya saja, sudahkah anda merasa terpesona dengan Mesjid Raya Medan ini?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.