My WordPress Blog

Pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh

Pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh – Indonesia memiliki banyak tempat wisata baik itu merupakan wisata alam maupun buatan. Tidak hanya pantai, mall atau gedung–gedung tinggi tetapi juga keunikan dari sisi religi. Terkenal dengan kerukunan antar umat beragama, Indonesia mempunyai tempat wisata religi yang bisa dikunjungi. Selain membuat umat muslim semakin bersyukur akan keagungan Tuhan, tetapi juga membuat masyarakat lainnya turut menjaga kerukunan antar umat beragama. Salah satu yang menjadi ikon dan terkenal adalah Masjid Baiturrahman Banda Aceh yang memiliki pesona luar biasa.

masjid baiturrahman banda aceh

 

Terima kasih kepada rekan-rekan kami di Banda Aceh yang suka berkenan mengajak kami menikmati indahnya Majid Baiturrahman disela-sela tugas kami menuju ke Sabang bersama Balai Cagar Budaya Aceh. Bagi saya, inilah kali pertama diberikan kesempatan menginjak kaki di bumi tanah Rencong yang amat kesohor itu. Saya berjanji akan datang lagi dengan waktu yang lebih panjang.

masjid baiturrahman banda aceh

Sobat klayapan …. Jika masih ingat, Banda Aceh pernah dilanda tsunami yang meluluh lantakkan seluruh wilayahnya. Hal ini masih menjadi luka yang mendalam bagi semua orang terutama mereka yang mengalami persitiwa tersebut. Sementara untuk Masjid Baiturrahman, Banda Aceh tetaplah berdiri teguh walaupun diterjang tsunami yang dahsyat. Kisah ini bukanlah rekaan tetapi sudah menjadi konsumsi publik bahwa pesona dan kemegahan Masjid Baiturrahman, Banda Aceh memanglah tersohor. Setelah peristiwa itu, kini Masjid Baiturrahman, Banda Aceh memiliki wajah baru. Harapannya siapapun yang menjalankan ibadah sholat di Masjid Baiturrahman, Banda Aceh ini bisa lebih khusyuk.

Masjid Baiturrahman, Banda Aceh Pusat Perkembangan Peradaban Umat Islam di Asia Tenggara

masjid baiturrahman banda aceh

Pesona Masjid Baiturrahman, Banda aceh terkenal hingga dimanapun. Bahkan pemerintah juga menargetkan nantinya masjid ini bisa menjadi pusat perkembangan peradaban Islam di Asia Tenggara. Patutlah dirasa kalau masjid Baiturrahman, Banda Aceh adalah kebanggaan warga setempat dan seluruh masyarakat Indonesia umumnya. Pengunjung yang datang akan mengetahui langsung bagaimana pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh ini. Ada beberapa yang mengalami perubahan seperti misalnya halaman masjid yang lebih luas, adanya lahan terbuka hijau dan kolam yang berada tepat di depan Masjid Baiturrahman, Banda Aceh. Pemandangan ini begitu sejuk dan membuat suasana lebih hikmat serta mengagumkan.

masjid baiturrahman banda aceh

Siapapun yang mengunjungi akan merasa kagum dengan suasana damai serta sejuk di Masjid Baiturrahman, Banda Aceh ini. Diresmikan oleh wakil presiden Jusuf Kalla pada tahun 2017 setelah dibangun dengan teliti dan rapi. Ada banyak pembenahan dan perbaikan yang terus menerus dilakukan. Tidak lain untuk memperkuat fungsi serta eksistensi sebagai ikon kebangaan dari masyarakat Tanah Rencong.

Kemegahan dan Pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh

masjid baiturrahman banda aceh

Melihat adanya Masjid Baiturrahman, Banda Aceh yang tersohor tentulah bukan tanpa cerita dibaliknya. Kabarnya, di masjid ini juga menyimpan banyak cerita. Salah satu yang ramai diketahui adalah Jenderal Kohler yakni pemimpin pasukan Belanda meninggal setelah tertembak pejuang Aceh kala itu. Terlepas dari cerita yang ada, Masjid Baiturrahman, Banda Aceh memiliki desain dan bangunan yang menarik untuk dilihat lebih dalam.

Dengan cat berwarna putih, pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh ini berdiri kokoh dan megah di jantung kota Banda Aceh ibu kota Provinsi Aceh. Sementara untuk sisi utara dan selatan ada bangunan semacam payung bergaya masjid Nabawi yang ada di Madinah Arab Saudi. Ketika pengunjung masuk, lantainya juga cantik dari marmer yang kabarnya memanglah dipesan khusus dari italia. Pembangunan landscape serta infrastruktur ini membuat pesona Masjid Baiturrahman terlihat setelah pembangunan dua tahun.

masjid baiturrahman banda aceh

Belum lagi, pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh juga didukung dengan adanya 7 kubah, 4 menara dan 1 menara induk. Luas area Masjid Baiturrahman, Banda Aceh ini kurang lebih 4 hektare. Pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh menjadi saksi bisu dari perjuangan Aceh dan terlebih dari para korban yang menyelamatkan diri dari tsunami dengan berlindung di masjid. Tidak hanya dari wisatawan lokal tetapi banyak para turis atau umat muslin dari belahan dunia lain yang singgah di Aceh selalu datang untuk mengetahui bagaimana pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh. Ada banyak ukiran huruf Al-Qur’an dan membuatnya menjadi salah satu masjid paling indah di Indonesia.

Pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh dari Masa ke Masa

masjid baiturrahman banda aceh

Dibalik pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh yang memang indah. Perlu diketahui bahwa dari masa ke masa masjid ini juga memiliki cerita unik. Kabarnya pernah dibakar oleh tentara Belanda di zaman penjajahan. Sementara untuk meredam kemarahan rakyat Aceh, tahun 1877 kerajaan Belanda kembali membangun Masjid Baiturrahman, Banda Aceh. Waktu itu kesultanan Aceh dibawah pemerintahan Sultan Muhammad Daud Syah Johan menempatkan ia sebagai sultan terakhir di aceh. Pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh semakin terasa ketika petang atau sore hari.

Dulunya, masjid ini menjadi markas perang sekaligus benteng pertahanan rakyat Aceh. Tidak hanya itu, Masjid Baiturrahman, Banda Aceh juga digunakan sebagai benteng pertahanan rakyat Aceh untuk menyusun taktik dan strategi perang. Ada nama besar pahlawan nasional Indonesia dari Aceh misalnya saja seperti Teuku Umar dan Cut Nyak Dien. Dua dari banyak pahlawan yang punya andil besar dalam mempertahankan pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh.

Sangat pas rasanya umat muslim yang ingin mengetahui bagaimana pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh ini datang pada malam hari. Suasana begitu khusyuk dan hikmat. Membuat yang ingin beribadah bisa merasakan keagungan Tuhan. Dengan suara air mancur yang ada di halaman depan masjid membuat diri semakin bermuhasabah kepadaNya. Rasa damai dan tentram bisa pengunjung dapatkan ketika beribadah dan menjadi saksi pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh.

masjid baiturrahman banda aceh

Pohon Kurma yang Melengkapi Pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh

Ada yang unik dari kemegahan masjid kebanggan warga Aceh ini. Adanya pohon kurma didalam masjid yang kurang lebih berjumlah 30. Tentu ini semakin mendukung pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh. Pengunjung bisa juga menemukan lokasi parkir bawah tanah, hiasan lampu dan fasilitas lainnya yang sudah disediakan. Tidak heran apabila pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh tersohor sampai daerah manapun di Indonesia. Yang paling menarik adalah tegaknya masjid meskipun tersapu tsunami beberapa tahun silam. Hiasan lampu yang ada di masjid dan menyala ketika malam hari semakin menjadikan suasana seperti di masjid Nabawi di madinah. Sungguh membuat siapapun yang melihat berdecak kagum dan mengucapkan subhanallah. Masjid ini mampu menampung sekitar 24 ribu jemaah baik di dalam maupun luar masjid. Tempat wudhu sekitar 288 titik dan berada di basement yang telah dibangun. Area parkir yang mampu menampung sekitar 254 mobil serta 347 motor.

Pesona Masjid Baiturrahman, Banda Aceh menjadi salah satu bukti kekayaan Indonesia akan ikon religi yang terus dijaga. Jusuf Kalla, wakil presiden dan dewan masjid Indonesia sudah meresmikan setelah adanya pembangunan dan renovasi dari masjid ini. Tidak hanya sebagai tempat beribadah untuk warga setempat tetapi juga sebagai ikon dan menarik perhatian warga asing untuk mengenal bagaimana pesona Masjid Baiturrahman Banda Aceh.

Keagungan Tuhan dapat disyukuri dan terlukiskan dari banyak hal. Salah satunya adanya pesona Masjid Baiturrahman Banda Aceh. Kebanggaan masyarakat tanah rencong. Menyimpan banyak kisah dan saksi bisu dari masa ke masa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.