12 Makanan Khas Sumatera Barat yang Enak dan Murah

Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki tempat wisata indah sekaligus kuliner dengan cita rasa khas adalah Sumatera Barat. Banyak sekali jenis makanan khas Sumatera Barat yang rasanya enak dan harus kamu coba. Rendang menjadi salah satu makanan yang paling terkenal dari Sumatera Barat.

Tapi masih banyak lagi jenis makanan khas lainnya yang harus dicoba misalnya sate padang. Salah satu makanan khas dari Sumatera Barat selain rendang adalah sajian daging. Kebanyakan olahan makanan tradisional di Sumatera Barat memang menggunakan daging, contohnya daging sapi.

Jenis Makanan Khas Sumatera Barat yang Enak

Jadi, buat kamu yang pengen nyobain makanan khas Sumatera Barat simak uraian di bawah ini yang sangat enak rasanya dan terkenal:

1. Asem Padeh Daging

Asem Padeh Daging

Makanan khas atau tradisional dari Sumatera Barat yang dinamakan Asem Padeh Daging, merupakan makanan olahan yang dibuat dari bahan daging. Jenis dagingnya bisa disesuaikan, bisa memakai daging sapi, ayam atau ikan.

Namun, kebanyakan masyarakat di Sumatera Barat menggunakan olahan daging sapi saat membuat Asam Padeh ini. Rasa dari olahan makanan ini yaitu asam dan pedas, dengan bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, bawang merah dan putih, jahe dan sebagainya.

Biasanya makanan ini dibuat untuk acara-acara adat di sana misalnya acara pernikahan. Warna masakannya kecoklatan dan hampir mirip dengan rendang.

2. Gulai Gajebo

Gulai Gajebo

Salah satu makanan yang sangat enak dan lezat dari Sumatera Barat berikutnya adalah Gulai Gajebo. Makanan ini diolah dari bahan-bahan sandung lamur, atau daging sapi yang mengandung lemak kenyal yaitu daging dari bagian punuk sapi tersebut.

Sajian khas dari Sumatera Barat ini memiliki kuah, seperti jenis makanan gulai lainnya. Potongan lemak berdaging tersebut disajikan dengan kuah dari makanan asam padeh tetapi tidak memakai santan.

Ada tiga tingkatan rasa dari olahan makanan gulai tersebut, yaitu cukup gurih, gurih dan sangat gurih. Rasa gurihnya berasal dari jumlah potongan daging yang berlemaknya. Apabila sangat gurih maka jumlah potongan daging berlemaknya juga lebih banyak.

3. Sate Padang

Sate Padang

Untuk makanan khas Sumbar yang satu ini tentu kamu juga tahu, karena bukan hanya di Padang saja. Namun makanan sate padang juga banyak dijual di daerah lainnya di Indonesia. Tapi saat kamu sedang berlibur atau berkunjung ke Padang harus banget nyobain sate padang di sana.

Olahan satenya terdiri dari berbagai macam yaitu lidah sapi, daging, jeroan jantung, usus, atau bahkan parunya. Rasa dari bumbu kuahnya juga sangat khas dan bisa membuat kamu ketagihan waktu mencobanya.

Saus dari sate padang ini dibuat dari segala macam bumbu seperti jahe, bawang merah dan putih, kunyit, kacang, dan sebagainya.

4. Sate Lokan

Sate Lokan

Masih ada lagi makanan khas lainnya yang berupa sate yaitu sate lokan. Namun bahannya tidak dibuat dari daging sapi tapi dari kerang hijau. Biasanya cara pembuatannya yaitu dengan merebus kerangnya dahulu, kemudian ditusuk dan dibakar sampai warnanya kecoklatan.

Setelah itu ditambahkan dengan beberapa bumbu rempah seperti jahe, lengkuas, ketumbar, jintan, kunyit, tepung beras dan sebagainya. Sate lokan ini akan disajikan di atas piring dengan kuahnya yang kental, ditambah dengan ketupat dan taburan bawang goreng.

5. Soto Padang

Soto Padang

Masih penasaran dengan makanan khas lainnya dari Sumatera Barat? Yup! Kamu juga harus cobain soto padang. Makanan soto memang telah menjadi makanan khas di Indonesia yang hampir ada di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk soto dari Padang.

Soto padang dibuat dari bahan-bahan bihun kuah yang dilumuri kaldu sapi, daging sapi, dan ditambah dengan perkedel kentang. Paduan rasanya dijamin sempurna banget, dan akan menjadi makanan kesukaan kamu dari daerah Padang. Bagian dagingnya digoreng sampai kering, lalu dipotong kecil.

6. Rendang Paru

Rendang Paru

Bukan hanya dibuat dari olahan daging sapi saja, tapi rendang juga bisa dibuat dari bahan paru. Makanan khas Padang tersebut dibuat dari paru sapi yang masih basah dan lunak. Bumbunya agak berbeda dengan bumbu yang dipakai untuk membuat rendang daging seperti biasanya.

Bumbu rempah yang dipakai untuk membuat rendang paru diantaranya yaitu cabai merah, bawang putih, daun-daun yang sudah dirajang, lengkuas, jahe dan sebagainya. Tambahkan juga santan yang 1,5 lebih banyak dari santan ketika membuat rendang daging sapi.

7. Nasi Sala

Nasi Sala

Nama makanan khas Sumatera Barat berikutnya disebut dengan nasi sala. Makanan ini berupa nasi yang ditemani dengan lauk-lauk yang terbuat dari ikan. Dalam satu porsi nasi terdapat ikan kembung goreng yang diberi tepung serta sambal.

Nasinya juga sudah dibungkus dengan memakai daun pisang. Sedangkan tepung untuk ikan, ditambah lagi dengan bumbu-bumbu seperti lengkuas, bawang putih, cabai giling, dan kunyit. Paduan rasanya yaitu pedas, gurih dan renyah.

8. Martabak Kubang

Martabak Kubang

Martabak kubang khas Padang dibuat dari daging sapi cacah atau bisa juga dari rendang. Ditambah dengan bumbu lain seperti daun bawang, lalu dipadukan dengan kuahnya yang berupa kuah asam manis pedas.

Dibandingkan jenis martabak pada umumnya, martabak kubang ini ukurannya jauh lebih besar. Banyak tutorial pembuatan martabang ini beserta resepnya di internet, dan bisa kamu coba.

9. Nasi Kapau

Nasi Kapau

Makanan khas dari Bukit Tinggi ini bentuknya hampir sama dengan nasi Padang secara umum. Tapi cara penyajiannya berbeda, biasanya nasi kapau akan disajikan langsung di atas meja.

Nasi ini terdiri dari gulai kapau, dengan berbagai macam lauk seperti ayam goreng, gulai ikan, rendang sapi, atau rendang ayam. Sayurannya lebih beragam lagi misalnya kacang panjang, rebung muda, sayur pakis dan masih banyak lagi.

10. Kacimuih

Kacimuih

Makanan khas yang satu ini merupakan camilan serta makanan ringan dari Sumatera Barat. Bahan dasarnya adalah singkong, parutan kelapa, gula putih dan merah, dan rasanya sangat enak sekali.

Jajanan asli dari Sumatera Barat ini bentuknya simpel banget, dan bisa dimakan langsung dengan gula aren. Wih, sedap banget deh pokoknya!

11. Galamai

Galamai

Makanan khas yang berupa jajanan ini sangat populer di Sumatera Barat, dan bisa dijadikan oleh-oleh khas Sumatera Barat. Bahan olahannya terdiri dari kacang tanah, tepung beras dan ketan, serta gula aren.

Bentuk makanannya mirip dengan dodol atau jenang seperti makanan khas dari Pulau Jawa. Rasanya manis dan gurih, setelah ditaburi kacang tanah.

12. Lompong Sagu

Lompong Sagu

Sebenarnya, makanan khas yang satu ini sangat terkenal di Sumatera Barat tetapi sekarang sudah terbilang langka karena jarang ada yang menjualnya. Lompong sagu dibuat dari tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok/raja.

Sesudah dipanggang, makanan lompong ini akan dibentuk kotak-kotak lalu disajikan langsung bersamaan dengan parutan kelapa.

Masih banyak makanan khas Sumatera Barat lainnya yang harus kamu coba. Misalnya makanan khas yang terbuat dari susu kerbau adalah dadiah, yang sebelumnya difermentasi dahulu. Nantinya akan menjadi krim nabati padat yang berterkstur lembut dan lama-lama akan mengeras.

1 Comment
  1. Ijo says

    Masih banyak lagi nih, sala lauik gak masuk

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Skip to toolbar