10 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Terkenal Enak

Sebelum mulai melancong ke Kalimantan Timur, ada baiknya kamu simak dahulu makanan apa saja yang menjadi makanan khas Kalimantan Timur. Karena banyak banget loh jenis makanan yang sayang banget nggak kamu coba, saat melancong ke Pulau Kalimantan tersebut.

Pulau Borneo dikenal juga dengan wisata kulinernya yang bercita rasa tinggi. Walaupun sebagian besar jenis makanannya belum terekspos penuh, seperti makanan khas yang berasal dari daerah Kalimantan lainnya. Makanan khas dari Kaltim ini biasanya merupakan olahan ikan dan hasil laut.

Nama Makanan Khas Kalimantan Timur

Ada apa aja sih makanan di Kalimantan Timur yang wajib dicoba? Tentunya banyak sekali. Terutama buat para pecinta makanan laut, Kalimantan Timur akan menjadi surga makanan terbaik. Berikut ini sajian makanan khas Kalimantan Timur yang harus kamu ketahui:

1. Nasi Bekepor

nasi bekepor

Makanan khas yang berupa nasi liwet dengan lauk ikan asin, minyak sayur dan aneka ragam bumbu rempah-rempah dinamakan dengan nasi bekepor. Proses memasaknya yaitu dengan memakai alat khusus yaitu ketel, kemudian campurkan bumbu dan beras di dalamnya.

Sebelum diangkat dari ketel, masukkan terlebih dahulu kemangi, ikan asin dan juga jeruk nipis serta cabai. Apabila bagian pinggirnya sudah berkerak barulah nasi sudah bisa diangkat.

Nasi bekepor akan akan disajikan dengan daging masak bumi hangus, atau bisa juga dengan sayur gangan asam khas Kutai.

2. Ayam Cincane

ayam cincane

Olahan daging yang satu ini sangat terkenal terutama di Kota Samarinda. Jika dilihat sekilas tampilan dari ayam cincane ini sama saja dengan olahan ayam biasanya, yaitu ayam yang dibumbui dan dibakar.

Namun setelah dinikmati rasanya sangat berbeda, karena terdapat bumbu merah yang berupa jahe, lengkuas, dan kemiri yang sangat terasa di lidah. Tekstur dari ayam cincane ini juga sangat lembut dan rasanya gurih.

Ayam yang digunakan untuk membuat olahan ayam ini adalah ayam kampung. Tadinya, cincane hanya disajikan untuk acara khusus tertentu misalnya di acara upacara adat atau pernikahan. Kini, menu ayam ini hampir selalu ada di beberapa resto Kalimantan Timur.

3. Nasi Kuning

nasi kuning

Nasi kuning memang merupakan jenis makanan tradisional di Indonesia terutama di Pulau Jawa. namun keunikan dari nasi kuning yang menjadi makanan khas dari Kalimantan Timur adalah kombinasi lauknya.

Jenis lauk yang terdapat pada nasi kuning khas Samarinda adalah ikan gabus, serundeng, taburan bawang merah dan juga telur bumbu Bali. Bahkan di tahun 2013 silam, pemerintah Kalimantan Timur menyediakan tempat khusus bagi para penjual nasi kuning di sana.

Kemudian tempat berjualannya dinamakan Kampung Nasi Kuning. Hal itu disebabkan oleh keistimewaan dari nasi kuning itu sendiri.

4. Gence Ruan

gence ruan

Ada berbagai macam jenis kuliner di Kalimantan Timur yang menggunakan bahan dasar hasil laut atau ikan laut. Salah satu makanan khas dengan bahan dasar ikan adalah gence ruan. Makanan ini diolah dari jenis ikan haruan atau gabus yang dipadukan dengan bumbu spesial.

Bumbunya terdiri dari bawang putih dan merah, cabai, serta air asam jawa yang ditumis terlebih dulu. Ikannya digoreng dulu sampai kering atau bisa juga dibakar sesuai selera. Setelah itu dilumuri garam.

Dilihat dari gambar makanannya saja rasanya udah menggoda banget, apalagi kalo dicicipi.

5. Sayur Asam Kutai

sayur asam kutai

Jenis sayuran khas dari Indonesia tepatnya di Kalimantan Timur adalah sayur ayam Kutai. Variasi dari sayur asam ini unik banget loh, karena sayuranya dipadukan dengan ikan gabus yaitu bagian kepalanya.

Pelengkap dari sayuran tersebut adalah potongan talas, jantung pisang batu hingga kangkung. Kepala ikan gabus tersebut akan dibelah menjadi 2 bagian, lalu dilumuri dengan jeruk nipis dan garam.

Kemudian dimasukkan ke dalam kuah yang sudah dibumbui bersamaan dengan asam sunti dan bahan-bahan lainnya.

6. Rabo Ruan

rabo ruan

Makanan khas yang satu ini hampir sama dengan makanan khas gence ruan, namanya juga rabo ruan. Bahan dasarnya yaitu dari ikan gabus yang tak dibuat utuh tetapi diolah kembali menjadi abon. Namun rasanya sangat berbeda dengan rasa abon secara umum.

Sama halnya dengan proses pembuatan abon dari ikan gabus ini, yang dikukus dahulu sampai matang. Setelah itu barulah dagingnya dibuat suwir, kemudian ditambahkan bumbu yaitu ketumbar, bawang merah dan putih, garam, gula merah, dan cabai.

Proses berikutnya adalah masak dengan santan dengan menggunakan api kecil, jadi deh abon ikan gabusnya.

7. Daging Masak Bumbu Hangus

daging masak bumbu hangus

Makanan khas yang satu ini namanya sangat unik, makanan khas Kalimantan Timur adalah daging masak bumbu hangus. Makanan ini merupakan daging sapi yang dimasak kembali dengan bumbu kecap tapi proses pematangannnya lama banget loh.

Waktu memasaknya yang lama itulah yang membuat dagingnya seolah hangus karena warnanya jadi kehitaman. Tapi rasanya masih enak kok, sama sekali tidak mengurangi cita rasanya. Rempah yang digunakan untuk memasak ini juga sangat menggoda.

Pala, merica dan bawang bombaynya membuat rasanya sangat menggugah selera makan. Satu lagi, makanan ini juga sering jadi teman dari nasi bekepor.

8. Gangan Manok

gangan manok

Kuliner khas dari Kalimantan Timur lainnya dinamakan Gangan Manok. Kuliner khas ini mirip baso yang cara pengolahannya yaitu dengan menggunakan bahan dasar daging ayam. Daging ayam digiling dahulu, lalu dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

Setelah itu dibentuk menjadi bentuk bulat selayaknya baso, dimasukkan ke dalam air kaldu sampai matang. Waktu dimakan, gangan manok ini rasanya gurih banget dan teksturnya lebih lembut dari daging sapi karena bahan dasarnya ayam.

9. Ayam Suwir Cabai Hijau

ayam suir cabai hijau

Bosan dengan menu makanan ayam yang gitu-gitu aja? Cobain deh resep makanan khas dari Kaltim yang juga menggunakan bahan dasar ayam.

Cara pengolahannya cuma ditumis aja sih, tapi ditambah dengan sayuran, cabai hijau, lengkuas, daun salam, jahe, bawang bombay, daun bawang dan bumbu rempah lainnya yang bisa disesuaikan dengan selera kamu.

Rasanya gurih dan pedas dengan rasa dari bumbu rempah yang sangat kuat, pedesnya pun bikin nagih.

10. Pepes Kepiting

pepes kepiting

Secara umum, makanan yang dibuat pepes memakai olahan dasar ikan/ayam. Namun lain halnya dengan makanan khas di Kaltim, yang menggunakan kepiting sebagai bahan dasar pepes. Kepiting yang dipilih untuk dipepes ini adalah kepiting soka.

Bahan utamanya yaitu bumbu cabai merah dan rawit, kemangi, serai dan macam-macam rempah lainnya. Cara mengolahnya sama aja kok, dibungkus pake daun pisang lalu kukus sampe mateng.

Nah, setelah itu baru deh kepiting ini akan dibakar sebentar. Rasanya gimana? Luar biasa enak banget, dan rasa rempahnya itu loh berasa banget di mulut. Kalau kamu cobain makan pepes kepiting khas Kaltim ini pasti berasa nagih banget.

Dari sekian banyak daftar menu makanan khas Kalimantan Timur di atas, tentu ada jenis makanan yang paling kamu suka dong. Ada juga makanan amplang yang termasuk cemilan khas dari Kalimantan Timur yang sudah terkenal di daerah lainnya di Indonesia.

3 Comments
  1. Muhammad Obbi Handira says

    thank for the information visit https://uma.ac.id/

  2. lia says

    yummy

  3. klayapan.com says

    mantap pak. salam buat UMA . kita uda masuk ke web nya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Skip to toolbar