Makam Sang Proklamator Republik Tiongkok Dr. Sun Yat Sen di Nanjing, China

Makam Proklamator Republik Tiongkok Dr. Sun Yat Sen di Nanjing, China – Sebelum tiba dilokasi pemakaman, tak terlintas sedikitpun tempat makamnya akan sebesar ini .. lebih besar sebuah taman atau 3 lapangan sepakbola sekaligus. Sangking luasnya, cukup capek untuk menjalaninya. Kompleks pemakaman Dr. Sun Yat Sen sudah di sulap seperti taman yang sangat indah, dan berada diatas perbukitan … tentu saja kontur jalannya menjadi banyak anak tangga untuk menuju ke tujuan. Jalannya sangat lebar dan semuanya sudah terbuat dari batu, tidak ada halangan lagi untuk berjalan .. cukup punya stamina saja.

Dr.Sun Yat Sen di kenang dan dikenal oleh seluruh bangsa di dunia dan masuk dalam literatur sejarah yang harus dipelajari diseluruh sekolah didunia, makamnya ada di kota Nanjing, China. Dr. Sun  yang diangggap sebagai Bapak Tiongkok , wafat pada tahun 1925 di Beijing dan baru dimakamkan pada tanggal 1 Juni 1929 di Nanjing, setelah peti jenajahnya dibawa dari Beijing.

Dr. Sun Yat Sen dikenal sebagai pendiri Republik Tiongkok yang terus bertarung melawan dinasti kekaisaran Qing. Monumen dan mausoleum Sun Yat Sen ( Zhongshan Ling) saat ini sudah menjadi salah satu icon wisata dikota Nanjing. Sebagai Bapak bangsa yang sangat terkenal tentunya tempat ini akan terus dikunjungi sepanjang masa. Kota Nanjing sendiri merupakan kota metropolitan kedua terbesar setelah Shanghai untuk wilayah Timur Tiongkok. Dan termasuk kota klassik yang banyak peninggalan sejarah, karena pernah menjadi ibukota dari beberapa masa pemerintahan, baik di jaman kerajaan Wu maupun disaat terjadi perang saudara dengan Taiwan.

Hall of Sun Yat Sen Mausoleum atau Sun Yat Sen Mausoleum, biasa disebut dalam bahasa Inggris, terletak diatas bukit yang diiringi oleh ratusan anak tangga untuk mencapainya. Ketika kami tiba disana pagi hari, cuaca kurang bersahabat, hujan turun, walaupun tidak terlalu deras. Dengan menggunakan segala cara, payung maupun jas hujan, kami terus berjalan mengikuti arus manusia. Lautan manusia yang berkunjung sangat padat bila hari sudah menjelang siang. Sepanjang jalan, banyak yang bisa dilihat, termasuk difoto, sehingga tidak terasa bosan. Demikian juga adanya penjualan souvenir, makananan, dll. Memang sudah menjadi salah satu tujuan wisata di di kota Nanjing (Nankin / Nanking).

Ketika sampai di lokasi atau Hall pemakaman, dibangunan utama yang tampak dari jauh, bagi yang masuk ke dalam, tidak diperkenankan mengambil foto didalam lokasi. Semua berjalan sesuai dengan rute yang sudah ditunjuk dan tidak ribut. Puluhan petugas keamanan berjaga-jaga didalam lokasi. Didalamnya ada patung besar Dr. Sun yang sedang duduk denan kemegahannya. Dalam ruangan yang terkesan dingin tanpa AC / mesin pendingin, menambah suasana sakralnya lokasi pemakaman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.