Jelajah Karon Beach Dengan Sepeda Motor

Karon Beach – Alat transportasi yang paling murah di Phuket, Thailand adalah rental /sewa sepeda motor. Harganya mungkin sedang – sedang , THB 22 (RP.77.000) untuk waktu 1 hari = 24 jam, selain biaya BBM. Wajib tinggalkan passport dan bayar di depan. Tersedia berbagai jenis sepeda motor, umumnya sepeda motor matic yang lebih popular dan lebih gampang. Kalau mau dengan jalan kaki mungkin  bisa saja di sekitar Patong beach. Lebih dari itu sih agak jauh, apalagi misalnya mau ke Surin beach.

Mempelajari Phuket secara keseluruhan memang butuh waktu. Selain mempelajaari peta wisata yang mudah didapat, dapat juga menggunakan Google Map yang ada di HP android kita. Tanpa kendaraan, sedikit agak sulit buat kita bergerak, karena mempelajari angkutan umum sedikit agak repot, kecuali dengan taxi atau grab. Agak mahal dan tidak mungkin digunakan seharian.

Bergerak kesisi selatan Phuket, yang duluan ditemui adalah Karon Beach. Dengan sepeda motor butuh waktu sekitar  ½ jam. Dan dalam perjalanan tidak ketemu SPBU, yang ada penjualan BBM dipinggir jalan atau kios- kios kecil, mirip dengan di Indonesia. Bedanya disana lebih rapi dan tidak tidak terlalu banyak jumlahnya. Jalanannya bersih, rapi dan tidak ada lubang.

Karon Beach termasuk pantai yang sangat panjang. Di daerah sekitarnya punya daya tarik tersendiri, berbeda suasana dan tidak seramai Patong Beach. Kesannnya seperti menengah keatas. Hotel, resto, café, toko – toko cukup banyak dan merata. Sehingga wisatawan bisa bebas leluasa bergerak, baik disekitar pantai maupun didaerah pertokoan. Pantai sudah tertata rapi, disisi pantai semua adalah pantai, tidak ada rumah. Perbatasannya setelah pantai ada jalan lintas atau jalan utama untuk kendaraan umum. Sisi kiri kanan jalan ada trotoar untuk pejalan kaki yang cukup lebar.

Setelah jalan baru daerah pertokoan yang ada bangunannya. Semua tertata dengan rapi dan bersih. Tidak heran bahwa masyarakat Phuket hidupnya dari wisata. Yang agak membedakan disana tidak ada tukang parkir. Ada tempat parkir, tapi tidak ada pengutipan uang parkir atau petugasnya sekalipun. Tidak nampak preman, OKP, PS (Pemuda Setempat). Mungkin lapangan kerja sudah menyerap semua itu, sehingga tidak lagi nampak pengangguran di pinggir jalan. Semuanya friendly untuk turis dan tidak ada yang menawari jasa apapun di jalanan, apalagi yang sifatnya narik-narik orang.

Pantai yang bersih telah diberikan tanda – tanda dimana boleh berenang dan dimana tidak. Ada live guard dan para beach boys yang memasarkan jasanya. Mulai dari permainan parasailing, papan selancar, speed boat dan lain – lain.  Disepanjang pantai dan tidak tampak ada kotoran bekas makanan maupun minuman, apalagi orang yang sembarangan berjualan.

Setelah Karon beach, kalau kita jalan terus akan ketemu Kata Beach. Pantai yang lumayan ramai juga dan punya komunitas tersendiri. Dari mulai tempat makan, pertokoan, hotel, supermarket, dll. Semuanya tampak senang dan tentu saja tidak ada tukang parkirnya .

Leave A Reply

Your email address will not be published.