Istana Maimun, Salah Satu Ikon Wisata di Kota Medan

Istana Maimun, Salah Satu Icon Wisata di Kota Medan – Saatnya mengetahui bahwa Indonesia itu kaya akan tempat wisata dan bangunan – bangunan unik. Misalnya saja yang ada di Istana Maimun Medan. Menjadi salah salah satu ikon wajib yang bisa dikunjungi dan menikmati hari libur dengan orang – orang tersayang. Jika di wilayah lain memiliki ikon spesial, maka tidak jauh beda dengan Medan. Tempatnya bernama Istana Maimun. Menjadi sebuah kebanggan khususnya bagi masyarakat sekitar.

istana maimun

Istana Maimun merupakan ciri khas dan tanda pengenal dari wilayah tersebut. Yang mana masyarakatnya tentu bangga dengan adanya objek wisata. Berada di Jalan Brigjen Katamso, kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara. Masih berada di pusat kota dan mudah dijangkau. Luas tempat ini adalah sekitar 2800 meter persegi yang memiliki sekitar 30 ruangan. Sangat mampu dijadikan sebagai sebuah wisata dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Baik lokal hingga mancanegara. Bangunan dari Istana ini ialah dominan berwarna kuning emas. Warna inilah yang menjadi ciri khas dari orang – orang melayu. Memang Istana Maimun adalah peninggalan dari Kerajaan Deli. Sayang lokasi istana ini tidak dimaksimalkan sebagai tempat wisata, perlakukannya masih seperti ada adanya.

istana maimun

Istana Maimun dibangun oleh Sultan Maimun Al – Rasyid Perkasa Alamsyah. Beliau merupakan seorang raja yang masih berketurunan oleh kesultananan Deli. Istana Maimun Medan didirikan tanggal 26 Agustus 1888 yang secara resmi disahkan ada tanggal 18 Mei tahun 1891. Pengunjung bisa menemukan ciri khas dari Istana Maimun yakni bangunan yang menghadap ke timur dan adanya 2 lantai yang dilengkapi dengan 3 bagian bangunan induknya.

istana maimun

Sementara untuk bagian depan dari Istana Maimun Medan ini adalah masjid Al-Maksum. Masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Masjid Raya Medan. Istana Maimun adalah satu dari sekian banyak istana megah dan indah yang ada di Indonesia. Dibangun dengan detail pemilihan arsitektur yang unik.

istana maimun

Dipadu padankan dengan unsur kebudayaan masyarakat, Istana Maimun memang cenderung bergaya Islam, India serta Spanyol dan Italia. Dari peraduan cantik ini, semakin terlihat karakter yang kuat. Apalagi gaya eropa dari Istana ini juga terasa kental dan pemilihan ornamen kursi, lampu hingga pintu dorong sangatlah detail dan menarik. Pintu dari Istana Maimun ini merupakan perpaduan gaya spanyol yang memiliki bagian khas dari sebuah istana. Sementara untuk unsur Belanda akan sangat terasa karena adanya ukiran bentuk jendela serta pintu yang lebih condong, lebar serta tinggi.

istana maimun

Seluk Beluk Ikon Wisata Wajib di Medan
Istana Maimun memiliki prasasti dari marmer yang berada di bagian depan tangga. Ada tulisan yang menggunakan huruf latin dalam bahasa Belanda, sangat unik bukan ? Pengunjung bisa melihat adanya pengaruh budaya Islam dalam bentuk lengkung atau arcade yang ada di bagian atap seperti perahu terbalik. Istana Maimun bisa dikunjungi pada setiap harinya di jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

istana maimun

Bagi pengunjung tak perlu merasa khawatir untuk harga tiketnya yang sangat terjangkau. Yakni untuk anak – anak hanya 3000 rupiah saja. Sementara untuk orang dewasa yakni sebesar 5000 rupiah. Jangan lewatkan untuk mengelilingi wilayah dari Istana Maimun Medan ini. Untuk mencapai lokasi, pengunjung bisa menggunakan transportasi umum misalnya beca, taxi online, bus atau bahkan rental mobil. Rencanakan liburan menyenangkan dengan mengunjungi objek wisata bersejarah. Apalagi anak-anak sekarag yang sibuk dengan gadgetnya, tanpa mengenal lingkungan sekitarnya.

istana maimun

Istana Maimun juga bisa dibilang sebagai Istana Putri Hijau. Sejak dari tahun 1936, Istana Maimun ditempati oleh para ahli waris Kesultanan Deli. Di saat saattertentu, pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan unik. Misalnya seperti pertunjukan musik tradisional Melayu yang dihelatuntukmemeriahkan pesta perkawinan dan kegiatan sukacita lainnya. Dengan rentang waktu dua kali setahun, Sultan Deli mengadakan acara silaturahmi antar keluarga besar dari Istana Maimun Medan.

istana maimun

Untuk pengunjung Istana Maimun Medan nantinya bisa melihat koleksi yang dipajang di ruang pertemuan misalnya saja seperti foto – foto keluarga Sultan. Bahkan perabot rumah tangga Belanda kuno dan berbagai jenis senjata bisa ditemukan di sini. Uniknya, anda juga bisa menemukan meriam buntung yang terkenal dengan legendanya. Bagi orang Medan, meriam buntung ini disebut dengan meriam puntung. Pengunjung juga disewakan baju-baju kebesaran sultan untuk dipakai berfoto-foto mba raja dan ratu sehari.

istana maimun

Ada beberapa pendapat tentang siapa yang merancang kemegahan dari Istana ini. Dari beberapa sumber memang disebutkan adalah seorang arsitek berkebangsaan Italia. Meskipun tidak diketahui pasti siapa namanya. Dari sumber lainnya juga menyebutkan bahwa arsitek dari Istana Maimun  ini adalah seorang Kapiten Belanda yakni T. H Van Erp.

istana maimun

Jika beberapa pengunjung mengatakan bahwa Istana Maimun ini kurang terawat maka alasannya adalah biaya perawatan yang sebenarnya dibutuhkan tidak tercukupi. Apalagi biaya tersebut merupakan sumbangan dari para pengunjung yang datang. Supaya lebih indah lagi memanglah sudah seharusnya untuk adanya renovasi. Baik dari bantuan pemerintah maupun bantuan lainnya.

Inilah salah satu bukti kekayaan Indonesia akan sejarah dan bangunan unik lainnya. Istana Maimun bisa menjadi objek wisata yang anda kunjungi ketika hari libur. Ajak keluarga dan putra – putri untuk mengetahui apa saja sejarah dibalik megahnya Istana Maimun Medan.

2 Comments
  1. Wahyu Blahe says

    Ahoii..
    Itu siapa model fotonya bang?

    1. Petrus Loo says

      halah… dikunjungi ama bapak seo medan euy!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.