Graha Maria Annai Velangkani, Ikon Wisata Kota Medan

Graha Maria Annai Velangkani, Ikon Wisata Kota Medan – Tiap kota di Indonesia menyimpan keunikan dan daya tarik tersendiri. Jika Surabaya memiliki cerita kepahlawanannya, maka kota Medan memiliki hal yang berbeda. Yakni Graha Maria Annai Velangkani yang menjadi ikon wisata dari Kota Medan. Bukan hanya menjadi tempat ibadah umat Katolik, tetapi Gereja Graha Annai Velangkani juga memiliki nilai sejarah yang patut untuk diketahui. Bangunannya yang indah dan memiliki desain megah menjadi daya tarik tersendiri.

graha maria annai velangkani, ikon wisata kota medan

Berada di Kecamatan Tuntungan, Kelurahan Tanjung Selamat, Graha Maria Annai Velangkani memanglah terlihat tidak mirip gereja. Tetapi justru mirip kuil-kuil yang ada di India. Kabarnya, pendiri Graha Annai Velangkani ini adalah Pastor James Bharaputra yang memiliki ide bahwa bagian luar dari gereja akan tampak seperti kuil tetapi di dalamnya terdapat relief yang mirip dengan yang ada di kuil India.

graha maria annai velangkani, ikon wisata kota medan

Pengunjung bisa bebas datang ke Graha Maria Annai Velangkani karena memang dibuka untuk siapapun. Terutama mereka yang ingin mengetahui arsitek dan bangunan serta interior gereja. Lokasinya juga cukup strategis bagi mereka yang takut kesulitan untuk mendatanginya. Yang cukup penting lagi adalah tidak ada pungutan biaya untuk datang. Bahkan biaya parkir juga tidak ada. Seperti kebiasaan anak jaman NOW, kebanyakan ke tempat ini adalah buat selfie dan foto-foto. Kemudian memamerkan foto mereka di media sosial.

graha maria annai velangkani, ikon wisata kota medan

Untuk melayani banyaknya pengunjung di sore hari, pihak gereja memanfaatkan tanah kosong yang ada di seberang gereja yang digunakan sebagai lahan parkir. Karena parkir didalam halaman gereja tidak mampu menampung begitu banyak mobil yang datang, terutama dari luar kota. Bagi yang ingin motret dengan mendapatkan nuansa yang berbeda, datanglah sore hari. Kemungkinan bisa mendapatkan foto blue hour dengan menggunakan tripod. Dihari-hari besar tertentu, lampu bangunan gereja dihidupkan, sehingga menambah dramatis dan dimensi arsitektur di malam hari dengan lampu yang indah menghiasinya.

graha maria annai velangkani, ikon wisata kota medan

Interior dan Bangunan Gereja Annai Velangkani
Dinding – dinding dari Graha Maria Annai Velangkani ini merupakan relief yang menceritakan tentang peristiwa penyaliban Yesus Kristus. Bangunan ini memiliki 2 tingkat yang mana tingkat pertama adalah di aula untuk tempat beribadah. Sementara untuk bangunan kedua ialah adanya patung Annai Velangkani yang didatangkan langsung dari India. Mereka yang datang akan merasa menemukan suasana tenang di Graha Annai Velangkani.

graha maria annai velangkani, ikon wisata kota medan

Satu lagi yang cukup unik dibalik berdirinya Graha Annai Velangkani ini. Bisa dibilang keajaiban, setelah beberapa hari Graha Annai Velangkani didirikan, tepat dibawah telapak kaki dari Bunda Maria terdapat mata air dengan sendirinya. Oleh masyarakat setempat, sumber mata air ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

graha maria annai velangkani, ikon wisata kota medan

Tempat ibadah ini menjadi salah satu ikon wisata religi yang ada di Medan. Graha Annai Velangkani menarik untuk warga sekitar atau bahkan warga dari luar wilayah. Bangunan yang megah dan unik terpancar dari relief serta bagian luar yang menyerupai kuil. Anda bisa mendapatkan suasana yang asri dan menenangkan bahkan hanya dari area depan atau halamannya saja.

graha maria annai velangkani, ikon wisata kota medan

Para warga percaya akan kekuatan sumber mata air yang muncul sebagai air yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Sisi unik dari Graha Annai Velangkani ini bisa dilihat dari berbagai tempat. Misalnya saja dari graha yang terletak pada keaslian arsitektur indo-mogul. Setiap ornamennya dilakukan oleh tangan – tangan amatir yang mana memiliki makna dari kitab suci. Bangunannya berbentuk menara candi dan ada 2 tingkat.

Akses ke Graha Annai Velangkani cukup mudah menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Sekarang ini lebih dipermudah dengan transportasi online, baik dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil. Lokasinya di Jalan Bunga Sakura III no 10 Kel. Tanjung Selamat. Akan sangat berkesan bagi mereka yang melakukan perjalanan panjang dan menyempatkan diri untuk mampir atau singgah sebentar melihat keunikan dan megahnya Graha Annai Velangkani.

Atap berundak dari Graha Annai Velangkani adalah dominan warna biru yang sekilas memanglah seperti kuil. Hal ini yang menjadi salah satu keragaman yang ada di Indonesia. Jika surabaya memiliki cerita kepahlawanannya, maka kota Medan memiliki Graha Maria Annai Velangkani sebagai ikon wisata religi yang tersohor. Bahkan jika diamati, bukan hanya ada di kota Medan saja melainkan di beberapa kota seperti misalnya di Pandaan yang ada Masjid Cheng Hoo dengan arsitektur yang unik dan menjadi tempat beribadah agama Islam.

Banyaknya bangunan atau tempat beribadah dari agama – agama lain di Indonesia menunjukkan kerukunan dan warga yang saling menghormati. Bagaimana tidak ? Indonesisa menjunjung tinggi toleransi dan kebebasan dalam memeluk agama. Memang di Indonesia merupakan mayoritas muslim akan tetapi masyarakatnya juga menumbuhkan sikap saling menghormati akan pemeluk agama lain.

Graha Maria Annai Velangkani bukan lagi sesuatu yang asing bagi kebanyakan orang. Tidak sedikit wisatawan yang datang dan ingin mengabadikan keunikan dari Gereja Annai Velangkani. Arsitektur yang khas serta mirip dengan kuil India akan memberi pengalaman seolah berada di tempat yang berbeda. Selain itu suasananya juga menyenangkan.

Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa tenang beribadah di Graha Maria Annai Velangkani tentu bagi umat Katolik. Tidak akan sia-sia datang kesini sebab nilai sejarah dan juga keagungan dari gereja ini menjadi bukti bahwa banyaknya keunikan yang dimiliki Indonesia. Terutama di Kota Medan yang terdapat Graha Annai Velangkani.

Jadwalkan hari libur bersama keluarga dan berjalan-jalanlah untuk menyusuri tempat ini. Banyak hal menarik yang bisa didapat dari ikon wisata Kota Medan ini. Tempatnya yang mudah sekali dijangkau akan memberi rasa aman dan nyaman kepada pengunjung karena letak yang strategis tidak sulit untuk mendatanginya. Pastikan untuk mengajak keluarga datang menyaksikan gereja yang menyerupai kuil di India.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.