Toko Roti Ganda, Legenda Kuliner dari kota P.Siantar

Toko Roti Ganda, Legenda Kuliner dari kota  P.Siantar – Bila ketemu hari besar keagamaan, baik itu menjelang Lebaran, Natal, tahun baru dan atau hari – hari libur umum (tanggal merah) atau long week end (libur kejepit), ruas jalan Sutomo dan jalan Merdeka di  kota Pematang Siantar (P.Siantar) menjadi jalan yang macet sepanjang hari. Karena kota P. Siantar merupakan kota lintas dari Medan dan berbagai kota lainnya ke kota Parapat dan wilayah Simalungun dan Tapanuli lainnya. Demikian juga banyaknya perkebunan di Kabupaten Simalungun yang mengitari kota P. Siantar, sehingga kalau ada hari libur, kota terdekat untuk rekreasi adalah Kota P.Siantar.

Salah satu titik kemacetan di jalan Sutomo ada di depan toko roti Ganda. Toko roti yang sudah sejak tahun 1979, sejak saya masih sekolah SD di kota ini. Setiap hari tidak pernah sepi pengunjung. Oleh sebab itu, toko roti Ganda ini boleh disebut salah satu legenda kuliner di Kota P. Siantar. Terlepas dari rasa enak atau tidak enak, yang penting sepanjang hari ramai pengunjung pasti sudah dikategorikan enak secara umum.

Bahkan permintaaan oleh – oleh dari teman dan kerabat biasanya juga minta roti Ganda. Umumnya yang diminta adalah roti tawar yang dioles selai srikaya dan butter cream dengan coklat meses. Lain lagi dengan masyarakat lokal di P. Siantar maupun Simalungun, dihari – hari besar mereka membeli cake dalam kotak  berlogo Ganda. Masyarakat menengah kebawah cukup bangga dengan membawa barang belanjaan kotak roti yang berlogo Ganda. Sebenarnya banyak jenis roti lainnya yang dijual disana. Ada juga yang suka beli roti dan sri kaya di Kedai Kopi Sedap, yang hanya selisih beberapa ruko dari toko roti Ganda. Dia nya punya taste tersendiri dengan roti panggang, srikaya dan kopi. Ciri khas nya roti panggang dengan minum kopi disana.

Selain di jalan Sutomo, berapa tahun terakhir ini, toko Roti Ganda juga ada dijalan Kartini. Saya sendiri jarang membeli roti Ganda bila sedang pulang ke kampung halaman, kecuali ada yang pesan dibelikan. Hanya suka mengamati fenomena pengunjungnya dari luar toko. Fenomena ini tidak berhenti setiap musim liburan saya pulang kampung. Di kota P.Siantar anda bisa menikmati aneka kuliner yang telah melegenda puluhan tahun dan yang telah berganti generasi pengelolanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.