Mampir Sejenak di Chiang Kai Shek Memorial Hall, Taipei

Kata orang tidak sah sudah sampai di Taipei tidak mengunjungi landmarknya. Salah satu landmark kota Taipei itu adalah “Chiang Kai Shek Memorial Hall”. Letaknya persis ditengah kota, jadi tentu tidak sulit untuk mencarinya. Cuma kali ini saya  tidak jalan atau jelajah sendiri, tidak bisa cerita lebih detail mengenai transportasi umum, seperti MRT dan bus atau dengan berjalan kaki. Karena kali ini ada tugas lain dan sudah difasilitasi dengan bus jemputan bersama protokol kegiatan juga. Yang parahnya lagi, hanya diberikan waktu 15 menit untuk berfoto – foto.

Sesuai dengan nama monumennya, dengan luas areal 250.000 m², dibangun untuk memperingati Bapak pendiri Taiwan yang juga presiden pertama Taiwan, Jend. Chiang Kai Shek. Ide memnbangun sudah mulai tercetus ketika Chiang Kai Shek meninggal di tahun 1975. Kemudian akhirnya mulai dibangun di tahun 1976 dengan arsiteknya Yang Cho Cheng yang bertepatan dengan ulang tahun presiden ke 90 dan resmi dibuka pada tahun 1980 bertepatan dengan hari ulang tahunnya.

Ada 2 gerbang yang bisa masuk ke Chiang Kai Shek Memorial Hall ini. Bisa menggunakan sisi utara (Xin Yi Road) atau melalui Selatan (Ai Guo East Road).  Diapit oleh 2 gedung besar, yaitu National Theater dan National Concert Hall. Terlihat bangunan sarat dengan filosofi dan nilai – nilai kebudayaan Tiongkok. Dapat dilihat dari arsitektur bangunan yang didesain dengan baik. Bangunan di bangun dengan menggunakan batu marmer putih. Atapnya berbentuk segi delapan dan diberi warna biru. Delapan sisi pada atap melambangkan angka 8 yang dalam filosofi Tiongkok merepresentasikan kelimpahan rezeki dan nasib baik. Sementara warna biru pada atap melambangkan langit yang terang dan berwarna biru . Disekitar halaman juga banyak ditanami tanaman dengan bunga warna merah. Secara keseluruhan, gabungan warna putih biru dan merah merupakan simbol ekspresi semangat kebebasan, persamaan dan persaudaraan yang tercermin di bendera nasional Taiwan.

Alun – alun luas yang berada didepan Memorial Hall diberi nama Liberty Square, sesuai dengan semangat pembebasan dan kemerdekaan yang diagungkan Chiang Kai Shek dimasa hidupnya. Di alun – alun yang luas ini dapat digunakan masyarakat untuk aktivitas olahr raga atau hanya sekedar berjalan – jalan. Karena masuk areal ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Sehingga dapat menjadi alternative rekreasi masyarakat yang murah meriah.

Karena hanya mampir sejenak, dan hanya berada di alun-alun, tidak sampai masuk kedalam gedung utama. Jaraknya masih sangat jauh, apalagi harus berjalan kaki. Sepertinya saya harus datang kembali dengan dengan liputan yang lebih lengkap dan dengan waktu kunjungan yang agak lama. Mudah-mudahan saya masih diberikan kesempatan untuk kembali ke tempat ini.

Chiang Kai Shek Memorial Hall terletak di Zhongshan Road No. 21, Distrik Zongshan, Taipei. Bila naik MRT, bisa turun distasiun Chiang Kai Shek Memorial Hall. Dari stasiun ini tinggal berjalan kaki sekitar 10 menit.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.