Wisata Pulau Komodo, Liburan Dulu Yuk

Wisata Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang dan banyak pulau- pulau kecil yang lain.

Secara administratif, pulau ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Taman Nasional Komodo

Wisata Pulau Komodo ialah habitat asli fauna komodo, sejenis kadal raksasa pemakan daging. Di Pulau Komodo ada lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam leluasa.

source image: http://trekkingkomodo.com/

Anda dapat memandang komodo yang lagi mengincar mangsanya di banyak posisi di tempat ini. Sangat berarti untuk berkelana bersama pemandu untuk alibi keselamatan sepanjang terletak di mari.

Di tahun 1986, UNESCO telah resmi menetapkan bahwa Pulau Komodo di kawasan Taman Nasional Komodo sebagai warisan peninggalan dunia sebab keberadaan komodo yang cuma dapat ditemui di kawasan ini.

Habitat dari hewan yang terancam punah ini merupakan pantai berpasir putih, alam terbuka dengan padang rumput, dan hutan hujan tropis.

Pulau Komodo mencapai penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature yang ialah penghargaan untuk 7 tempat wisata alam terbaik di dunia.

Penentuan pemenang diperoleh dari hasil voting dan riset para pakar, pulau Komodo sukses mencapai voting paling tinggi bersama 6 tempat wisata yang lain ialah Hutan Amazon, Air Terjun Iguazu, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Pulau Jeju Teluk Halong, dan Table Mountain.

  1. Trekking Pantai Pulau Komodo
  2. Wisata Pulau Komodo juga ternyata memiliki binatang lain selain komodo, seperti rusa, kuda, bermacam spesies burung, biawak, ular, dan lain-lain.

    source image: https://www.pedomanwisata.com/

    Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan pulau ini yaitu dengan melaksanakan trekking. Anda dapat melihat binatang-binatang tersebut pada saat trekking di Pulau Komodo.

    Dikala trekking, Anda hendak diajak mendaki Gunung Ara yang mempunyai ketinggian 538 m di atas permukaan laut.
    Anda juga hendak melewati Water Hole yang ialah tempat minum dan istirahat komodo. Anda dapat memandang komodo- komodo yanng lagi minum ataupun berteduh di bawah tumbuhan di sekitarnya.

    Ada 4 jalan trekking yang dapat Anda seleksi, mulai dari short, medium, long hingga adventure. Panjangnya jalan trekking ini merupakan 1- 8 kilometer bergantung tipe yang Anda seleksi.

    Bila memilah long dan adventure, Anda hendak diajak melewati hutan, sungai dan perbukitan yang indah.
    Sebaliknya untuk short, ekspedisi hendak berakhir di atas perbukitan dengan panorama alam teluk yang luar biasa.

    Tetapi, keempat jalan trekking tersebut hendak melewati Water Hole sehingga Anda tidak butuh bimbang memilah jalan yang mana.

    Sepanjang trekking, Anda dan rombongan hendak ditemani seseorang ranger ataupun pemandu sekalian pawang komodo. Ranger hendak membekali Anda dengan tongkat yang ujungnya bercabang 2.

    source image: https://www.blibli.com/

    Dikatakan kalau tongkat tersebut terbuat dari satu tipe tumbuhan yang dapat jadi senjata untuk melemahkan komodo.

    Bila komodo melanda ataupun mengejar seketika, ujung tongkat yang bercabang digunakan untuk menekan leher komodo, dalam waktu pendek komodo hendak melemah dan menyudahi melanda.

  3. Menyelam Dan Snorkeling Di Pulau Komodo
  4. Wisata Pulau Komodo tidak cuma menawarkan keelokan alam daratan saja. Alam bawah laut di pulau ini juga tidak kalah indah. Ada dekat 386 tipe terumbu karang, 70 tipe bunga karang, rumput laut sebagai rumah untuk ribuan tipe ikan, penyu hijau, paus, hiu, lumba- lumba dan lain- lain.

    source image: https://traveloka.com/

    Alam bawah laut Pulau Komodo dan kawasan Taman Nasional Komodo diucap sebagai salah satu posisi menyelam terbaik di dunia.

    Dikala menyelam ataupun snorkeling di mari, Anda bisa melihat keelokan biota laut yang sangat kaya dan bermacam- macam.

    Dari sekian banyak titik menyelam yang ada, berikut merupakan 3 titik menyelam terbaik di Pulau Komodo bagi banyak penyelam:

    Batu Samsia

    Wisata Pulau Komodo Batu Samsia merupakan salah satu titik menyelam yang jadi kesukaan. Anda dapat menyusuri serangkaian saluran air dan bisa berhubungan dengan kura-kura, hiu dan berbagai berbagai ikan kecil yang lain.

    Toko-Toko

    Wisata Pulau Komodo Toko Toko disebut sebagai istana batu dalam air. Terletak di kedalaman 7 m di bawah permukaan laut, Anda dapat menikmati keelokan terumbu karang dengan bermacam corak dan ikan-ikan yang berenang di antara karang.

    Crystal Rock

    Wisata Pulau Komodo Titik ini juga jadi kesukaan para penyelam. Terletak di kedalaman 5 m, Anda dapat menciptakan katak ikan, Barramundi Cod, Parrotfish dan sebagian tipe ikan yang lain.

    Waktu terbaik untuk menyelam di perairan ini merupakan pada bulan Maret– Desember. Perihal ini disebabkan arah angin, temperatur air, kokoh arus dan masa yang pengaruhi jarak pandang dikala menyelam terhitung baik pada bulan- bulan tersebut.

  5. Pantai Pink Pulau Komodo
  6. source image: http://www.ramadhanindramulya.com/

    Wisata Pulau Komodo Di pulau ini ada satu pantai yang sangat unik ialah Pink Beach. Pantai ini juga diketahui dengan nama Pantai Merah Muda, tetapi masyarakat dekat lebih suka menyebutnya sebagai Pantai Merah.

    Pantai Merah Muda ini mempunyai pasir pantai yang bercorak merah muda, corak tersebut hendak terus menjadi nampak jelas pada dikala pasir basah oleh ombak.

    Bagi riset, corak merah muda di pantai ini diakibatkan oleh serpihan koral yang sirna dan bercampur dengan pasir pantai.

    Di dunia tercatat cuma ada 7 pantai dengan pasir bercorak merah muda dan yang terletak di Pulau Komodo ini merupakan salah satunya.

    Keelokan pantai ini bukan cuma pada corak pasirnya yang unik. Alam bawah laut di mari juga populer indah. Pantai ini juga acapkali dijadikan posisi menyelam dan snorkeling.

Transportasi Perjalanan Wisata Pulau Komodo

source image: http://membelipengalaman.blogspot.com/

  1. Udara
  2. Wisata Pulau Komodo bila memakai pesawat, Anda hendak terbang dari Denpasar mengarah Labuan Bajo. Sehabis itu Anda dapat melanjutkan ekspedisi dengan memakai kapal ferry untuk ke Pulau Komodo.

  3. Laut
  4. Wisata Pulau Komodo jalur laut Anda dapat berangkat dari Tanjung Benoa, Bali, mengarah ke Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo, ekspedisi mengarah Pulau Komodo dilanjutkan dengan memakai kapal ferry.

  5. Darat
  6. Wisata Pulau Komodo jalur darat Ada bis dari Denpasar mengarah Labuan Bajo. Bis hendak menyeberang memakai kapal ferry. Sesampainya di Labuan Bajo, ekspedisi dapat dilanjutkan dengan memakai kapal ferry lagi mengarah Pulau Komodo.

    Tidak hanya 3 opsi tersebut, Anda juga dapat memilah Live on Board. Bila Anda memilah Live on Board, Anda hendak menginap di atas kapal sepanjang sebagian hari untuk mengarah kawasan Taman Nasional Komodo.

    Sepanjang ekspedisi Anda dapat menyelam bersama rombongan dan pemandu. Sarana yang diberikan juga terhitung lengkap mulai dari kamar tidur, makan dan juga wc.

    Harga yang dikenakan berkisar antara 175– 10. 000 USD per malam bergantung berapa hari paket yang Anda seleksi dan sarana yang ada. Kapal berangkat dari Bima, Bali, Lombok dan Labuan Bajo.

Bagaimana review wisata pulau komodo kali ini? Apakah cukup menarik dan ingin segera kesana? Jangan lupa kunjungi terus klayapan.com untuk informasi-informasi mengenai tempat wisata yang sangat menarik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.