Keunikan Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta

Keunikan Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta – Salah satu hal yang paling sering diingat oleh warga asing tentang Indonesia salah satunya adalah Jakarta. Selain menjadi ibu kota, Jakarta memiliki berbagai macam keunikan tersendiri. Salah satunya adalah keunikan dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Berlokasi di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara pelabuhan ini menjadi salah satu tujuan tempat wisata yang ramai. Demikian juga untuk spot foto bagi fotografer yang ada di seputaran Jakarta. Selain dapat melihat kembali kapal-kapal tradisional, juga dapat mengabadikan momen para pekerja serta lingkungan sekitarnya. Kapal-kapalnya masih banyak yang bergaya tradisional dan kapal kayu. Itulah yang membuat pelabuhan ini jadi unit ditengah kota modern saat ini.

pelabuhan sunda kelapa, kota tua jakarta

Pelabuhan sudah dibangun dari mulai abad ke 5 dan hingga kini masih berfungsi sebagai pelabuhan dagang yang ramai. Tidak hanya itu, juga menjadi sebuah situs yang bersejarah dan memang dulunya menjadi cikal bakal dari Kota Jakarta. Ada banyak catatan penting dan bersejarah dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Jika pernah mengunjungi tempat ini maka waktunya untuk mengetahui apa saja sejarah yang ada di dalamnya.

pelabuhan sunda kelapa, kota tua jakarta

Cerita Lama Dibalik Pelabuhan yang Menjadi Cikal Bakal Jakarta
Kabarnya memang Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta ini dulunya dikenal sebagai dermaga bongkar muat dari kapal dagang yang ada di abad ke 12. Lalu akhirnya masuk dalam wilayah Kerajaan Sunda Pajajaran dimana berpusat di wilayah Bogor. Waktu itu memang Pelabuhan Sunda Kelapa ini dikenal sangat ramai dan telah dikunjungi dari berbagai wilayah. Misalnya saja seperti di wilayah Nusantara, Palembang, Makassar serta Malaka.

pelabuhan sunda kelapa, kota tua jakarta

Bahkan kapal dagang dari luar negeri misalnya Cina, Timur Tengah hingga Jepang bahkan India Selatan. Melihat hal ini tidaklah heran kalau saja pengunjung mendapati Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta menjadi sangat ramai. Sampai dengan detik ini pun, Pelabuhan Sunda Kelapa  yang masih berlangsung juga aktivitas bongkar muat barang dan menjadi salah satu pintu masuk perdagangan antar pulau ke Kota Jakarta.

pelabuhan sunda kelapa, kota tua jakarta

Kalau dilihat aktivitas sekarang ini memanglah ada di kawasan daerah Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta yang tidak seramai dahulu pada zaman kejayaannya. Pengunjung bisa melihat jajaran kapal kayu phinisi yang membuat Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta semakin lengkap. Ada banyak warna warni dari setiap model dan jenis kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta.

pelabuhan sunda kelapa, kota tua jakarta

Jika pengunjung ingin sampai di Pelabuhan Sunda Kelapa, mereka bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda dua hingga bus. Bagi pengunjung yang menggunakan angkutan umum maka ia bisa menggunakan angkutan mikrolet 015 dengan jurusan Kota menuju Tanjung Priok dari Stasiun Kota Beos. Nantinya pengunjung bisa turun di depan pintu gerbang tepat Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta.

pelabuhan sunda kelapa, kota tua jakarta

Sementara itu pengunjung juga bisa menggunakan jalur akses dengan petunjuk jalan yang ke arah Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta. Dari bantuan google maps pun, dengan mudah pengunjung bisa sampai di tempat tujuan. Berwisata di Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta ini sangatlah menyenangkan. Banyak kesan yang bisa didapatkan dari objek wisata yang satu ini.

pelabuhan sunda kelapa, kota tua jakarta

Bagi fotografer, lokasi ini merupakan salah satu pilihan spot foto yang masih berada di pusat kota, yang lebih mudah terjangkau. Sebisanya pergi lebih pagi, karena menjelang siang diatas jam 9, matahari sudah sangat terik dan panasnya luar biasa. Cobalah juga menyewa sampan kecil yang bermesin, untuk berkeliling di sekitar pelabuhan dan berhenti di kampung nelayan. Hunting di kampung nelayan akan banyak hal-hal yang menarik, walaupun sedikit agak kumuh dan kotor. Kehidupan di kampung nelayan akan mengajarkan kita banyak hal akan arti sebuah kehidupan didunia ini.

pelabuhan sunda kelapa, kota tua jakarta

Semoga bermanfaat !
Salam Klayapan

pelabuhan sunda kelapa, kota tua jakarta

Sobat klayapan, untuk memudahkan Anda mengetahui dan dengan mudah menerima notifikasi artikel baru di email, segera isi subscribe form yang sudah tersedia di kolom subscribe di halaman paling depan website klayapan. Selamat mencoba dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.