10 Makanan Khas Kalimantan Selatan dan Penjelasannya

Tak hanya pesona alamnya saja yang harus dikagumi dari Kalimantan Selatan, tapi juga makanan khas Kalimantan Selatan yang juga terkenal. Ragam kuliner dari daerah di Indonesia ini sangat menggugah selera. Daerah dengan ibukota Banjarmasin ini juga memiliki ragam makanan khasnya.

Tempat wisata terkenal di Kalimanta Selatan biasanya meliputi wisata alam, misalnya pantai, gunung dan juga laut. Selain itu, banyak sekali makanan khas dari Pulau Kalimantan yang harus kamu coba jika kebetulan sedang berada di daerah tersebut.

Nama Makanan Khas Kalimantan Selatan

Biasanya makanan atau kuliner dari wilayah Kalimantan Selatan berasal dari produksi rumahan, yang kemudian dikenal menjadi makanan khas dari Pulau Kalimantan. Berikut ini daftar makanan khas Kalimantan Selatan yang terkenal:

1. Soto Banjar

Soto Banjar

Makanan yang paling terkenal di Kalimantan Selatan adalah soto banjar. Bahkan di daerah lainnya selain di Kalimantan, makanan ini cukup terkenal. Hal yang membuat soto ini berbeda dengan soto dari daerah lainnya adalah penyajiannya.

Ada banyak isian dalam soto banjar, tak cuma suwiran ayam dan bihun saja. Namun ditambahkan juga dengan telur rebus dan bawang goreng yang ditaburkan. Sajian lainnya yang melengkapi soto ini adalah perkedel kentang.

Selain itu, soto banjar juga tidak disajikan dengan nasi putih tapi dengan lontong/ketupat. Tapi rasanya masih lezat kok.

2. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan

Kandangan adalah salah satu nama daerah di Kalimantan, dan makanan khas dodol ini berasal dari daerah Kandangan tersebut. Makanan dodol ini, dikenal sebagai dodol paling enak di Kota Seribu Sungai. Makanan khas Banjarmasin ini sering dijadikan oleh-oleh kuliner para wisatawan.

Tekstur dari dodol Kandangan ini lembut dan legar, dan tingkat manisnya pun sangat pas. Kalau kamu sedang liburan di Kalimantan Selatan, kamu bisa datang langsung ke tempat produksi dodol yaitu di Kabupaten Hulu yang ada di Sungai Selatan.

Jika dilihat dari gambar, makanan dodol ini memang memiliki tekstur lembut dan kenyal.

3. Sayur Kambang Tigarun

Sayur Kambang Tigarun

Masyarakat Banjar biasanya lebih suka menyantap lalapan sayur dengan nasi. Jenis sayuran yang bisa kamu pilih dari makanan khas Banjar ini adalah sayur kambang tigarun. Tanaman sayur dengan kembang yang biasa dijadikan lalapan adalah sayur kambang.

Namun, kamu tak bisa makan sayuran ini kapan saja karena jenis sayurnya tumbuh secara musiman. Rasa dari tanaman kambang tigarun adalah pahit sehingga cocok untuk kamu yang lebih suka makanan pahit.

Salah satu resep turun temurun dari sayuran ini adalah, sebelum dijadikan lalapan sayurnya harus direndam terlebih dahulu dalam beberapa hari sekitar 3-4 hari. Kemudian dinikmati langsung bersamaan dengan cacapan asam.

4. Cacapan Asam

Cacapan Asam

Jenis lainnya dari makanan khas Kalimantan Selatan adalah cacapan asam. Bahan olahannya hampir sama dengan sambal, tapi dibuat dengan tekstur lebih cair dan bukan padat seperti sambal. Airnya pun dibuat bening dan tidak kemerahan seperti sambal.

Cacapan asam dibuat dari buah asam, yang cara pembuatannya adalah dengan dicacah. Selain itu, bahan-bahannya juga akan dicacap dan resapkan ke dalam cairan.

Jenis buah asam yang dipilih untuk membuat cacapan asam ini adalah belimbing wuluh, mangga muda, ramania, binjau dan sebagainya. Rasa asamnya akan berpadu dengan rasa pedas yang sangat segar.

5. Sate Tulang

Sate Tulang

Biasanya makanan sate hanya ditemukan di wilayah Pulau Jawa saja, tetapi di Kalimantan Selatan juga ada loh makanan khas berupa sate. Namanya yaitu sate tulang, yang menjadi makanan primadona di Kalimantan Selatan tersebut.

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat sate tulang ini adalah sisa dari tubuh ayam seperti, lemak, kulit dan lehernya yang sudah tak terpakai. Semua bahannya akan digiling dan ditambah dengan bumbu merah atau habang, yang didominasi dengan cabai.

Rasa sate tulang ini sangat gurih, manis dan juga pedas karena bahan olahannya lebih banyak cabai.

6. Lontong Orari

Lontong Orari

Jika suatu saat kamu berpetualang ke tanah Banjar jangan lupa untuk menyantap lontong orari. Makanan khas dari Banjarmasin ini sangat layak kamu coba, karena rasanya gak akan bikin nyesel deh. Lontong orari bisa menjadi menu sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Makanan yang berkuah dengan rasa gurih ini, hampir sama dengan lontong sayur yang ada di Pulau Jawa. Namun yang membedakan adalah bentuk lontongnya yang segitiga, dan menggunakan lauk yang lebih banyak dibanding lontong sayur pada umumnya.

7. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut

Kebanyakan makanan khas dari Kalimantan Selatan memang berasal dari Kota Banjarmasin. Seperti misalnya nasi itik gambut yang satu ini, yang juga merupakan jenis makanan hewani dari hewan itik.

Makanan khas ini berupa nasi putih, yang disajikan dengan daging itik ditambah dengan bumbuh habang/merah yaitu bumbu khas dari Banjar. Dalam satu porsi nasi itik gambut ini dibungkus dengan memakai daun pisang.

Kamu akan menemukan warung-warung yang menjual nasi itik gambut, jika berkunjung ke daerah Gambut Banjarmasin.

8. Bubur Baayak

Bubur Baayak

Makanan tradisional khas dari wilayah Kalsel yang tak kalah enaknya adalah bubur baayak. Warnanya coklat, dan memiliki paduan rasa gurih dan juga manis. Bubur ini dibuat dari tepung beras, air, tepung gandum, garam, gula merah dan santan.

Adonan dari bubur baayak tersebut berupa butiran yang diproses dengan disaring dan digoyangkan, sampai adonannya menjadi kalis. Proses pembuatannya mudah, harganya murah dan rasanya juga enak. Biasanya bubur ini dijual di pagi hari untuk disantap sebagai sarapan.

9. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

Masih ingin tahu makanan khas apa lagi yang harus dicoba saat ke Kalimantan Selatan? Kamu bisa coba ketupat Kandangan. Sebenarnya makanan ketupat ini hampir sama dengan jenis ketupat secara umum, yang dibuat dari bahan baku beras.

Namun ketupat Kandangan menggunakan ikan haruan yang menjadi menu pelengkap di dalamnya. Ikan haruan atau ikan gabus ini dimasak bersama dengan santan sampai menghasilkan kuah dengan rasa yang gurih. Jadi ikannya tidak digoreng terlebih dulu.

Selain ikan haruan, pelengkap lainnya pada ketupat Kandangan ini adalah ikan patin asap atau ikan gurame.

10. Lamang

Lamang

Masih berasal dari daerah Kandangan Kalimantan Selatan, makanan lainnya yang juga menggoda selera adalah Lamang. Makanan ini dimasak di dalam seruas bambu, dan itulah yang membuat makanan ini menjadi khas.

Biasanya Lamang akan disajikan dengan sate yang bumbunya dibuat dari bahan-bahan seperti cabai merah, kacang tanah dan juga kemiri.

Makanan tersebut disajikan di atas mangkuk kemudian diguyur oleh bumbu sate, dan ditambahkan dengan telur bebek asin serta kacang nagara yang cara pengolahannya dimasak dengan bumbu kareh.

Masih banyak jenis makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib dicoba misalnya makanan manis yang berupa kue, seperti apam batil. Banyak juga jenis makanan tradisional Kalsel yang bisa dimodifikasi dengan bahan olahan atau cara penyajian lebih modern.

Hal itu dilakukan supaya tetap banyak orang yang menyukai makanan khas dan tradisional dari suatu wilayah di Indonesia.

 

1 Comment
  1. Muhammad Obbi Handira says

    thanks for the information visit https://uma.ac.id/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Skip to toolbar