Sejarah Percetakan Tradisional yang Menuju Kepunahan di Taiwan dan Dunia

Tidak seperti bahasa inggris atau bahasa indonesia setiap kata yang terdiri dari 26 huruf saja, Aksara mandarin merupakan salah satu aksara yang paling sulit dan rumit untuk dipelajari di dunia. Satu karakter, satu coretan, satu lafal dan satu arti. Beda satu coretan saja memiliki lafal dan arti yang lain pula. Inilah salah satu tingkat kesulitan mempelajari aksara mandarin maupun bahasanya.

Sistem percetakan jaman dahulu tanpa komputer yang namanya  “Letterpress” ataupun cetak relief (seperti stempel jaman sekarang) dan jika kita bayangkan bagaimana kah wujud percetakan bahasa mandarin pada jaman PRA-komputer ? Satu karakter satu cetakan , dan bila dalam satu lembar cetakan ada beberapa karakter yang berulang-ulang maka harus ada banyak pula cetakan karakter yang sama. Sedangkan dalam satu artikel berapa banyak karakter yang dibutuhkan dan berapa karakter yang sama.

Ri Xing Type Foundry di Taipei, Taiwan adalah merupakan salah satu industri rumah tangga percetakan yang membuat cetakan karakter huruf tradisional mandarin. Karakter tersebut terbuat dari blok perunggu yang diukir timbul menjadi tiga dimensi,  Berdiri sejak tahun 1960 sebagai industri percetakan dan yang mensupply cetakan blok karakter mandarin.

Berkat perkembangan jaman dan teknologi dunia komputer pada saat ini percetakan bahasa mandarin tidak lagi menggunakan blok-blok karakter, maka Rixing Type foundry tidak lagi sebagai percetakan karena tidak ada lagi yang menggunakan blok-blok karakter tersebut. Menurut pengakuan pemiliknya beliau tidak ingin kebudayaan dan seni percetakan ini lenyap begitu saja maka dia mempertahankan tokonya hingga saat ini dan  merupakan satu-satunya industri letterpress yang masih tersisa di dunia yang membuat blok tiga dimensi karakter mandarin sampai sekarang.

Terletak di No. 13, Lane 97, Taiyuan Road, Datong District, kota Taipei dekat dengan pusat kota dan Taipei Station, kita dapat menyaksikan sejarah percetakan bahasa mandarin. Kini Rixing Type Foundry hanya menjual karakter-karakter sebagai kenang-kenangan kepada pengunjung. Karakter mandarin dibuat seperti Stempel. Kita boleh memilih karakter nama chinese kita ataupun nama chinese yang lain dan dipadukan menjadi stempel.

Bagi sobat Klayapan yang ingin menjajal karakter letterpress seperti ini, boleh berkunjung ke Taipei, Taiwan untuk menyaksikannya sendiri. Lembaran sejarah percetakan yang akan segera punah dimuka bumi ini. Mungkin hanya tinggal jadi museum.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.