Pengalaman Adventure ke Kawasan Wisata Terpadu Mandeh Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Sobat Klayapan, kawasan wisata terpadu Mandeh akan segera menjadi kembarannya Raja Ampat di Wilayah Barat, tepatnya di Sumatera Barat. Kawasan ini sedang di promosi besar – besaran oleh Menteri Pariwisata. Berbagai aktivitas kegiatan menunjang pariwisata di kawasan wisata Bahari Terpadu (KWBT). Bahkan Presiden Jokowi sendiri pernah mengunjungi daerah ini dan sudah mencanangkan kawasan ini sebagai tujuan wisata pantai di Sumatera Barat ditahun 2017. Hal ini kemudian ditindaklanjuti oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM) ditahun yang sama telah memulai program penanganan jalan akses wisata Mandeh sepanjang 41,181 km, menghubungkan Teluk Kabung – Sungai Pisang – Sungai Nyalo – Mandeh – Carocok – Tarusan yang berada dalam wilayah administrasi Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan.

KWBT Mandeh sudah berjalan sejak tahun 2016. Di tahun 2017 sudah meraih peringkat pertama pada kategori Surga tersembunyi terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia (API) II yang diterima oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendra Joni. Menurut master plan pengembangan kawasan Wisata Mandeh dibagi dalam beberapa zona. Pertama, kawasan wisata masif. Kawasan ini nantinya diperuntukkan untuk wisata murah, meriah dan nyaman bagi pengunjung. Berikutnya, kawasan wisata minat khusus. Kawasan ini nantinya menawarkan beberapa atraksi wisata seperti snorkeling, jumping, menyelam dan atraksi lainnya. Kawasan ini diarahkan ke Pulau Sironjong dan kawasan lainnya. Ketiga, kawasan wisata ekslusif. Kawasan wisata ini akan dipusatkan di Resort Cubadak dan Pulau Pagang.

Kali ini saya bersama teman – teman pengikut kegiatan silahturahmi Spearo Sumbar 1st yang berlangsung dari tanggal26 – 28 Januari 2018. Spearo merupakan komunitas penghobi Spearfishing & free Drive, jadi di ajang ini kami berkumpul dengan teman – teman se-hobi dari seluruh Indonesia. Tempat kumpulnya di Kapo – Kapo Beach Cottage, Pulau Cubadak, salah satu gugusan pulau yang ada di KWBT Mandeh ini.

Menurut catatan saya, jarak tempuh dari Padang menuju kawasan Mandeh ini memerlukan waktu 2,5 jam. Walaupun lihat beberapa tulisan media mengatakan cukup 1 jam dengan jarak 56 Km. Kemudian ke Pulau Cubadak kami harus menyeberang pulau dengan 30 menit perjalanan.

Di Pulau Cubadak sendiri terdiri dari beberapa kawasan, salah satu diantaranya ada penginapan yang dikelola orang asing. Selebihnya di kelelola oleh penduduk lokal. Model penginapan disini umumnya berbentuk cottage. Kami yang berkumpul disini ada 40 peserta dengan aktivitas berburu ikan, diving dan saling berbagi pengalaman dan ilmu yang dimiliki.

Dari pengalaman kami berburu ikan, potensi terumbu karang sudah banyak yang hancur akibat Bom yang dibuat oleh para penangkap ikan yang tidak memperhatikan lingkungan terumbu karang. Padahal Kawasan ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling, diving, spearfishing, fishing dan wisata laut lainnya. Karakter ikan yang cukup unik , Ikan seperti Manta Ray , Tuna Dog Tooth , Napoleon , dan lainnya juga ada melewati perairan mandeh ini di musim-musim tertentu . Saya sendiri melihatnya pada bulan Januari 2018 kemarin.

Kawasan ini sangat dikenal sebagai kembarannya Raja Ampat karena juga memiliki gugusan dan barisan pulau yang sangat indah. Pulau – pulau tersebut diantaranya Pulau Cubadak, Pulau Subandar, Pelangi Panggang, Pulau Nyamuk, Pulau Sibuntar, Pulau Kumbang, Pulau Traju, Sironjang Besar, Sironjang Kecil, Pulau Selatan, Pulau Marak yang dekatnya dengan Pulau Sikuai, Pulau Bintangoa, dan lain – lain. Jarak diantaranya sangat dekat, rata – rata dari salah satu pulau ke pulau lainnya butuh waktu sekitar 15 – 20 menit.

Hayooo… sobat Klayapan, ini lokasi baru Kawasan Wisata Terpadu Mandeh, Sumatera Barat – yang pasti belum pernah anda kunjungi. Jangan sia-siakan waktu traveling anda , kunjungi dan nikmati alam Indonesia yang kaya akan keindahan alamnya. Bagi yang butuh info lebih lanjut cari menuju ke lokasi ini dapat segera menghubungi saya melalui kontak yang ada dibawah ini, silakan tanya apa saja, akan saya layani.

Anton Lois Fikal

PT Go Adventure Tour & Travel
Office : +6261 – 6645899 ( Hunting ) +6261 – 6619046 ( Fax )
Email : tour.goadventure99@gmail.com
Skype : goadventure.travel
Pin BB : 2B410ACD / 2B4AB52D

ST. Makmur No 88 NN , Cemara Asri Residence
Medan, 20371 North Sumatra – INDONESIA

MARI KITA KUNJUNGI & LESTARIKAN KEKAYAAN ALAM DI NEGERI KITA INDONESIA.

Leave A Reply

Your email address will not be published.