Pameran Pendidikan Tinggi Taiwan 2018 di Medan

Sobat Klayapan, Pameran Pendidikan Tinggi Taiwan di Medan – kesempatan studi keluar negeri semakin terbuka saat ini, terutama bagi yang ingin berkembang dan bagi yang memikirkan masa depannya dalam menghadapi era dunia sangat kompetitif dan tanpa batas. Mendapatkan kesempatan studi keluar negeri tentu merupakan dambaan bagi setiap anak yang ingin maju, tapi apakah semuanya mendapatkan kesempatan yang sama? Ketika kesempatans itu ada, mari segera dimanfaatkan …. Datang ke pameran pendidikan Taiwan di Medan yang telah diadakan rutin setiap tahunnya. Gimana trend trend dan kondisi pendidikan tinggi di Taiwan tahun 2018 ini ? Temukan jawabannya di lokasi pameran.

Pelajar Indonesia yang melanjutkan studi perguruan tinggu mengalami peningkatan tiap tahun. Oleh sebab itu maka Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) Sumatera Utara bekerjasama dengan Tunghai University Taiwan (東海大學) akan menggelar pameran pendidikan, pada hari Minggu 12 Agustus 2018 dan senin 13 Agustus 2018 di Hotel Grand Mercure Medan. Disini sobat klayapan bisa berinteraksi langsung dengan perwakilan kampus serta informasi-informasi yang dibutuhkan yang berkenanaan dengan ini.

pameran pendidikan taiwan, pameran pendidikan tinggi taiwan, pameran taiwan, pendidikan taiwan, pameran pendidikan taiwan di medan, pameran taiwan di medan

Klayapan pernah mendapat kesempatan bersama ICATI melakukan studi banding ke berbagai perguruan tinggi di Taiwan. Sungguh luar biasa perkembangan pendidikan disana, salah satunya bahwa setiap perguruan tinggi diwajibkan punya tanah seluas 50 ha. Wow …secara otomatis semua fasilitas dan infrastuktur serba lengkap ada didalamnya. Perpustakaan sendiri sudah berada khusus disatu gedung …. Coba bayangkan satu gedung itu isinya buku semua beserta fasilitas ruang bacanya.

Banyak siswa-siswi menengah di sumatera utara yang ingin melanjutkan kuliah di Taiwan karena Taiwan memiliki banyak keunggulan. Pertama, biaya kuliah dan biaya hidup lebih murah. Contohnya sebagai gambaran biaya kuliah di Taiwan sampai lulus sarjana 4 tahun sama dengan nilainya jika kuliah di Amerika Serikat atau Singapura selama 1 tahun. Kedua, kuliah di Taiwan selain dituntut mahir berbahasa Inggris, otomatis mahasiswa juga akan mampu berbahasa Mandarin sebagai bahasa sehari-hari di sana.

Ketiga, lingkungan budaya yang toleran terhadap semua pendatang dari negara mana saja dan agama apa saja. Bagi yang Muslim pun tidak perlu khawatir karena sudah banyak rumah makan halal dan sejumlah masjid dan juga negara Taiwan memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah. Keempat, sekolah-sekolah di Taiwan dikenal memiliki kualitas pendidikan setara dengan lulusan negara maju. Kelima, Universitas di Taiwan menawarkan banyak program beasiswa yang dapat meringankan beban biaya kuliah.

Tahun ini universitas yang ikut pameran berjumlah lebih kurang 40 universitas, baik itu universitas negeri maupun swasta yang menawarkan berbagai jurusan pendidikan yang diminati oleh siswa-siswi Indonesia. Dari data statistik jumlah mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan di Taiwan terus meningkat. Berdasarkan catatan tahun 2012 terdapat 2.903 mahasiwa Indonesia yang kuliah di Taiwan. Lalu, tahun 2013 naik menjadi 3.186 mahaiswa, pada 2014 ada 3.455 mahasiswa, tahun 2015 sejumlah 4.394 mahasiswa dan tahun 2016 ada 5.074 mahasiswa.sedangkan dari Sumut sendiri lebih kurang tercatat sekitar 500 orang mahasiswa.

Studi S1 di Taiwan masih menggunakan Bahasa Mandarin. Sedangkan untuk program S2 dan S3 sudah punya pilihan yang menggunakan Bahasa Inggris. Tidak perlu khawatir soal Bahasa, perlahan dan pasti akan bisa menguasainya.

Harapan para alumni Taiwan (ICATI) adalah turut mendorong peningkatan mutu pendidikan masyarakat Indonesia. Ilmu yang didapat di sana bisa dikembangkan di dalam negeri kita sehingga semakin maju dan bisa bersaing dengan negara lain di era MEA ini. Pemeran pendidikan ini akan diikuti lebih kurang 40 universitas dari Taiwan. Ditargetkan dapat menampung sekitar 600 pengunjung dalam sehari. Pameran pendidikan ini terbuka untuk umum dan gratis. Diharapkan siswa-siswi maupun orang tua murid dapat menghadirinya.

Ayo tunggu apalagi sobat Klayapan … ajak family, keluarga, tetangga, adek kakak dan sekalian teman sekampung ….

5 Comments
  1. Fuji Astuty says

    Wah jadi pengen kuliah di sana…. Semoga tersampaikan keinginan saya

  2. Johnson says

    Terima kasih kepada Klayapan, melalui reviewnya saya jadi mengetahui lebih banyak tentang tempat wisata dimana-mana

    1. petrus loo says

      sama2 bang … mari kita berbagi cerita

  3. ArifJagad says

    Mungkin agak lari, tpi penasaran sama foto budaya jepang gitu. Khususnya bunga sakura

    1. petrus loo says

      ada beberapa artikel ttg Jepang di sini

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.