Mengejar Sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah

Sobat Klayapan , setiap wilayah yang ada di Indonesia memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Baik dari segi alam maupun adat istiadat di wilayahnya. Misalnya seperti di Jawa Tengah. Ada danau bernama Rawa Pening yang memiliki keindahan yang tersohor. Jika ada seorang traveller yang ingin menjelajah, maka danau tersebut harus menjadi salah satu dalam daftar tempatnya. Salah satu pengalaman menyenangkan adalah mengejar sunrise.

sunrise, rawa pening, jawa tengah, nelayan, travel stories, sunset

Sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah tentulah menjadi peristiwa alam yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Dengan luas sekitar 2670 hektare, Rawa Pening, Jawa Tengah ini menempati 3 kecamatan yang berbeda. Ada di kecamatan Ambarawa, Bawen dan Tuntang. Ketiga kecamatan ini memanglah termasuk dalam wilayah adminstratif kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Danau Rawa Pening, Jawa Tengah menjadi sebuah obyek wisata yang menarik dan haruslah dikunjungi sebagai tempat berlibur sekeluarga. Di sekitar Rawa Pening, Jawa Tengah terdapat tempat-tempat yang menjadi pengembangan lokasi wisata Rawa Pening, Jawa Tengah yang memiliki keindahan alami.

sunrise, rawa pening, jawa tengah, nelayan, travel stories, sunset

Mengenal Sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah
Memang di Jawa Tengah terdapat banyak sekali tempat wisata andalan. Tetapi yang tidak boleh terlewatkan adalah Rawa Pening, Jawa Tengah. Wisata alam dengan kekayaan dan keindahan yang dimilikinya. Apalagi jika anda ingin berburu sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah. Pengalaman ini akan menjadi bonus yang menyenangkan ketika berlibur dan menjelajah Rawa Pening.

sunrise, rawa pening, jawa tengah, nelayan, travel stories, sunset

Ternyata ada beberapa hal yang harus dilakukan dulu sebelum menikmati sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah. Perjalanan menuju Rawa Pening, Jawa Tengah semakin menarik dan menantang. Berlibur pun semakin menyenangkan. Menikmati sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah haruslah :

  1. Berkunjung ke Kampung Pelangi di Desa Bejalen Sebelum Menikmati Sunrise
    Mendapatkan sesuatu yang indah haruslah dengan perjuangan. Salah satu hal yang harus dilakukan dulu sebelum menikmati sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah adalah mengunjungi Desa Bejalen yang ada di daerah Ambarawa, Kabupaten Semarang. Untuk sampai di tempat ini pengunjung memerlukan waktu kurang lebih 15 menit dari Terminal Bus Bawen. Banyak tempat yang bisa dieksplor untuk spot foto selfie di kampung pelangi yang buka hingga jam 5 sore.
  2. Menginap dulu di Homestay Sebelum Menikmati Sunrise
    Setelah mengunjungi kampung pelangi, mengejar sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah haruslah menginap dulu di homestay. Hal ini tidak lain karena membutuhkan waktu lebih dari sehari untuk mengenal lebih dekat tempat wisata di sekitarnya. Singgah semalam membuat pengalaman travelling semakin menyenangkan. Homestay yang ada disini juga nyaman dan terjangkau hanya 70.000 rupiah saja per malam.
  3. Wajib untuk Bangun Pagi
    Kebiasaan yang harusnya bisa dimiliki seorang traveller adalah bangun pagi. Di waktu ini seringkali pemandangan alam selalu indah. Maka dari itu menikmati sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah tentulah harus bangun pagi. Tak lupa menyiapkan kamera dan penampilan terbaik agar pengalaman menikmati sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah ini semakin menyenangkan.
  4. Berjalan Kaki Menikmati Sunrise
    Mendapatkan pemandangan sunrise tidaklah perlu berjalan jauh. Hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja dari homestay. Apalagi jaraknya hanya sekitar 200 meter saja. Dengan berjalan kaki, suasana damai dan sejuk diserta sunrise menjadi objek wisata yang indah.

Sampai di Rawa Pening lebih tepatnya di bagian tepinya, saatnya untuk bersabar dalam menikmati sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah. Kurang lebih dengan waktu 1 jam untuk melihat pemandangan alam ini. Apalagi ketika cuaca yang tidak hujan, sunrise yang terlihat sungguh terasa sempurna. Inilah salah satu alasan mengapa banyak pengunjung yang ingin mengetahui bagaimana pemandangan di Rawa Pening, Jawa Tengah.

sunrise, rawa pening, jawa tengah, nelayan, travel stories, sunset

Tempat-tempat di Sekitar Rawa Pening, Jawa Tengah
Sebagai objek wisata, Rawa Pening menjadi jujukan para pendatang. Khususnya mereka yang ingin berlibur. Banyak tempat wisata yang dibangun disekitarnya. Hal ini tentu mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha.
Tidak sedikit tempat wisata yang akhirnya dimiliki, beberapa diantaranya seperti bukit cinta. Tempat yang diperuntukkan bagi siapapun yang ingin melihat perkembangan eceng gondok. Menurut sejarah, tempat wisata ini memang dulunya merupakan pembangkit tenaga listrik yang cukup besar. Bahkan pemerintahan kolonial Belanda mengembangkan eceng gondok disini.

sunrise, rawa pening, jawa tengah, nelayan, travel stories, sunset

Terlepas dari berbagai misteri yang menyangkut pautkan danau ini memanglah sangat layak untuk dieksplor. Ada berbagai aktivitas yang menyegarkan mata seperti nelayan yang sedang mencari ikan, banyaknya tumpukan perahu yang tertambat di tepi danau serta ada kumpulan eceng gondok yang menjadi keindahan lainnya.

sunrise, rawa pening, jawa tengah, nelayan, travel stories, sunset

Berlibur tidak akan lengkap tanpa kuliner. Menikmati sunrise di Rawa Pening bisa dilengkapi dengan aktivitas kuliner yang tak kalah menarik. Ada kampung rawa namanya yang menyediakan makanan khas ikan laut di sekitar danau. Pemandangan semakin eksotis dilihat dari warung apung dan beragam fasilitas air lainnya. Misal seperti hall terapung, jetsky, perahu karet dan lain sebagainya.

sunrise, rawa pening, jawa tengah, nelayan, travel stories, sunset

Mengejar sunrise adalah pengalaman menyenangkan yang patut untuk diabadikan. Tidak ada salahnya membuat video liburan berlatar belakang Rawa Pening, Jawa Tengah. Tempat ini seolah menjadi oase yang sangat tepat ditengah aktivitas atau rutinitas sehari – hari dengan gedung-gedung tinggi.

Rawa Pening, Jawa Tengah menjadi tempat andalan para warga setempat atau luar kota untuk menikmati sunrise. Sebab dari danau inilah sudut yang tepat untuk melihat pemandangan alam yang indah dan alami. Disekitar Rawa Pening, Jawa Tengah juga terdapat tempat wisata yang tak kalah menarik dan mendukung.

sunrise, rawa pening, jawa tengah, nelayan, travel stories, sunset

Misalnya saja seperti Bukit Cinta, Wisata Tirta, Wisata Kuliner Terapung hingga New Rawa Permai. Tempat – tempat wisata di sekitar Rawa Pening, Jawa Tengah sangatlah indah dan banyak pilihan. Hal ini menjadikan Rawa Pening semakin ramai untuk dikunjungi. Tidak sedikit pengunjung yang datang karena foto – foto yang beredar di sosial media. Mengejar sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah menjadi awal dari semua aktivitas menyenangkan yang ada.

Berlibur memang memiliki macam dan bentuk berbeda. Seperti misalnya ke pantai, gunung atau bahkan hanya sekadar berbelanja di mall dan pusat perbelanjaan. Tetapi lokasi yang satu ini memberikan suguhan pemandangan alam yang berbeda. Apalagi menikmati sunrise yang ada, daya tarik untuk pengunjung lokal maupun luar kota atau wilayah. Sunrise di Rawa Pening, Jawa Tengah pilihan tepat menyegarkan otak dari aktivitas sehari-hari.

8 Comments
  1. Ari Simon says

    Keren bg. Hasil photo dan inti dari photo dpt jelas dilihat ditambah penjelas dari artikelnya sangat tepat menjelaskan dari setiap inti daerah yg diexpose.
    Saran saya kalau bisa danau toba di expose juga lah bg.

    1. klayapan.com says

      ada bang . Danau Toba banyak disini, silakan di cek artikelnya di sini. di search bisa ketik kata kunci danau toba … terima kasih

  2. Elvriyani says

    Matahari, semua dari kita berburu matahari, berburu sumber energi untuk metabolisme tubuh, berburu sunrise untuk mengingat bangun pagi, berburu sunset untuk menghasilkan sore yang syahdu nan romantis.

    1. klayapan.com says

      makasih atas apresiasinya

  3. Palmaria Situmorang says

    Sunrise saja akan aku kejar sampai dapat…
    Apalagi kamu, ia kamu….Uang….Aku terlanjur jatuh hati padamu….kapan” kita pergi bareng mengejar sunrise di Rawa pening ya, biar enggak pening…. 😊

    1. klayapan.com says

      mantapp … dan terima kasih

  4. Robinhot Gultom says

    Wonderful dan sangat menarik

    1. klayapan.com says

      makasih …

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.