Kesejukan dan Keunikan Wisata Air Terjun Madakaripura

Kesejukan dan Keunikan Wisata Air Terjun Madakaripura – Berwisata air selalu menawarkan hal menarik terutama bagi anak – anak, wisata air merupakan pilihan tepat. Tidak hanya berenang tetapi menikmati keindahan air terjun akan memberi pengalaman berlibur yang berbeda. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah wisata air terjun Madakaripura. Pernahkah anda mendengarnya ? Ada banyak sekali keunikan serta rasa sejuk yang bisa didapatkan di air terjun Madakaripura.

Air Terjun Madakaripura merupakan objek wisata yang belakangan sangat ramai untuk dikunjungi. Ada di Kabupaten Probolinggo, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 200 meter dan menjadi yang tertinggi di Pulau Jawa. Keindahan dari air terjun Madakaripura ini terletak di bawah kaki gunung Bromo. Memang tempatnya terpencil namun suasananya memanglah asri dan rindang. Suasana ini yang sangat langka untuk ditemukan.

Objek wisata ini sangatlah ramai apalagi di kala waktu akhir pekan. Bahkan tidak hanya wisatawan lokal saja akan tetapi juga wisatawan luar negeri. Dengan pemandangan alam yang asri, pengunjung bisa mendapatkan banyak keunikan dari Air Terjun Madakaripura. Tidak hanya untuk objek wisata saja tetapi juga ada wisata sejarah yang bisa dinikmati.

Wisata Air Terjun dengan Banyak Sejarah Dibaliknya
Dengan pemandangan alam yang masih asri, Air Terjun Madakaripura juga memiliki cerita dibaliknya. Kabarnya menjadi lokasi terakhir dari Maha Patih Gajah Mada yakni seorang Patih yang mana sangat berpengaruh di zaman kerajaan Majapahit. Kalau dilihat secara jeli memang bagian ujung dari atas air terjun ini setinggi 200 meter.

Ada gua yang dulunya merupakan gua yang mana seringkali digunakan untuk Sang Maha Patih bertapa. Ia mengucap janji atau sumpah untuk menyatukan nusantara. Peristiwa ini dinamakan sebagai Sumpah Palapa. Bahkan ia bersumpah untuk tidak memakan buah palapa sebelum ia berhasil untuk menyatukan nusantara. Maka dari itu banyak sekali masyarakat yang menganggap bahwa Patih Gajah Mada merupakan pahlawan serta simbol nasionalisme.

Keindahan dari objek wisata Air Terjun Madakaripura memanglah sudah terkenal. Dengan air terjun utama dan dan empat air terjun pendamping. Air terjun utama memiliki air yang memang tidaklah terlalu jernih tetapi memanglah indah. Berasal dari aliran sungai diatasnya, memang bahwa air terjun madakaripura ini memiliki air terjun yang deras tumpahannya.

Asal Muasal Nama Madakaripura
Air terjun Madakaripura tidaklah langsung muncul begitu saja namanya. Tetapi, kabarnya Mada ialah Gajah Mada dan Kari adalah peninggalan serta Pura yang berarti tempat untuk bertapa atau bersembahyang. Dengan begini kesimpulan dari nama tersebut adalah Madakaripura merupakan tempat untuk bertapa bagi Patih Gajah Mada.

Letak dari Air Terjun Madakaripura ini adalah di Dusun Branggah, Desa Negorejo yang mana menjadi objek wisata cukup populer. Pengunjung bisa datang dari berbagai wilayah dan ingin menyaksikan keindahan dari Air Terjun Madakaripura. Apabila pengunjung bisa yang ada di Jakarta dan sekitarnya anda bisa menuju kota Malang sebagai titik awal perjalanan. Jika sudah tiba di Malang, pengunjung bisa menyewa mobil atau kendaraan bermotor. Ada banyak petunjuk jalan yang ada di sekitar tempat wisata tersebut atau bisa juga dengan mengakses google maps.

Jika sudah sampai di tempat parkir khusus mobil, pengunjung bisa memarkirnya dengan biaya parkir sekitar 10.000 rupiah per mobil. Untuk yang ingin menggunakan jasa ojek bisa juga dengan biaya kurang lebih 10.000 rupiah. Sangat terjangkau bagi siapa saja yang ingin datang ke objek wisata Air Terjun Madakaripura.

Jadikan catatan penting bahwa untuk mengunjungi objek wisata ini pengunjung haruslah memiliki kondisi kesehatan yang fit. Sebab perjalanan memang cukup menyita tenaga. Untuk menuju objek wisata tersebut lebih baik gunakan sandal gunung atau sepatu yang sesuai dengan medan berat atau cukup terjal. Namun, jalan menuju air terjun tetaplah aman hanya pastikan untuk tetap berhati – hati. Untuk mempermudah sampai di lokasi, pengunjung bisa menyewa guide atau pemandu jalan yang berasal dari masyarakat sekitar. Hal ini sangat membantu apalagi tarifnya juga tidaklah membebani. Mereka seringkali mematok harga untuk guide sesuai dengan keikhlasan para wisatawan.

Karena air terjunnya ada 5 secara berdampingan, maka ada baiknya membawa payung. Tapi kalau tidak bawa pun bisa sewa dilokasi. Ketika kita melewati satu demi satu air terjun, percikan air akan membasahi kita. Itu lah fungsinya bawa payung. Kalau mau basah-basahan juga ga masalah sih. Air terjunnya indah sekali, namun kita hanya bisa memandangnya dari bawah keatas. Banyak gua-gua didalamnya bila ditelusuri. Konon kabarnya itulah tempat bertapa Gajahmada di jaman dahulu.

Memang dengan banyaknya jalan atau medan yang terjal akan membuat tubuh terasa lelah. Tapi rasa lelah tersebut akan hilang dengan pemandangan indah dan kesejukan yang terasa ketika sampai di Air Terjun Madakaripura. Pastikan dengan membawa bekal yang cukup untuk membuat tubuh tetap kuat di sepanjang perjalanan. Jika datang secara rombongan perjalanan bisa menjadi lebih menarik dan berkesan.

Dimiliki oleh Jawa Timur, Air Terjun Madakaripura sudah tersohor keindahannya. Tidak hanya untuk wisatawan lokal tetapi hingga daerah lain dan wisatawan asing memanfaatkan suasana tenang disini untuk berlibur menghilangkan penat. Perjuangan mencapai lokasi akan terbayar dengan keindahan alam yang masih terjaga. Hanya saja pastikan bahwa sebagai pengunjung selalu menjaga kebersihan dan keamanan diri.

Objek wisata di wiayah Jawa Timur sangatlah beragam. Saatnya untuk mengeksplorasi dan membuatnya semakin berkembang. Karena keindahan alam yang dimiliki adalah satu anugerah yang harus dijaga bersama. Tidak hanya itu, masyarakat sekitar juga bisa menaikkan status ekonominya dengan membuka usaha kuliner atau usaha lainnya demi membuat pengunjung nyaman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.