Hingar Bingar di Khao San Road, Bangkok Thailand Surganya Para Backpacker Dunia

Anda ingin sekali berwisata ke luar negeri yang berkelas Internasional namun dengan budget minim. Semua itu pasti impian setiap orang. Namun saat ini anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, di Thailand ada lokasi yang patut anda kunjungi dengan budget kantng anda. Lokasinya yaitu ada di Khao San Road yang akan jadi solusi untuk memenuhi keinginan anda berwisata go Internasional. Sebenarnya, Khao San Road Thailand bukanlah termasuk wisata baru. Di sana telah lama di kenal wisatawan lokal hingga mancanegara sebagai surganya para backpacker dunia loh. Penasaran ingin segera ke sana. Mari simak sebentar ulasan berikut ini tentang Khao San Road.

Bagi yang suka minum dan suka mabok … inilah surganya. Silakan minum sampai sepuas-puasnya. Berbagai macam jenis orang ada disini dan dengan sendiri nya dunia pariwisata sangat berkembang disini. Hanya keramaian sebuah jalan saja bisa menarik turis mancanegara, tidak perlu ada keindahan alam mau pun cityscape yang menarik. Cukup dengan nuansa dan kenyamanannya, dapat menimbulkan keinginanan orang kesini.

Khao San Road pada mulanya merupakan sebuah nama jalan yang terletak di Distrik Phra Nakhon di Banglamphu. Sejak tahun 1892, Khao San Road mulai di bangun pada masa pemerintahan Raja Rama V. Arti nama Khaosan memiliki makna sebagai tempat “penggilingan padi”. Hal ini dikarenakan pada dasarnya, Khao San Road awal mulanya merupakan sebuah kawasan tempat penggilingan padi.

Setelah di bangun, adapun bisnis pertama yang berdiri di sekitar Khao San Road berupa sebuah penginapan. Tujuan awalnya untuk menyediakan tempat penginapan bagi para bisnisman yang ingin berbisnis di kawasan tersebut. Lambat laun kemudian muncuk beberapa toko yang menjual aksesories dan souvenir keagamaan hingga Khao San Road pernah dikenal sebagai “religious road” alias “jalan religi”.

Lama kelamaan, muncul toko-toko lain yang menjual bermacam hal, serta hotel-hotel komersial lainnya, disusul dengan munculnya berbagai fasilitas lain seperti restoran, bar, dan sebagainya. Rumor tentang Khao San Road yang kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan karena memiliki “fasilitas cukup lengkap tapi murah” pun terus berkembang, hingga akhirnya dalam 20 tahun terakhir inilah Khao San Road kemudian dikenal sebagai surganya backpacker di Bangkok.

Lokasi Khao San Road

Khao San Road berada dilokasi yang mudah terjangkau dan sangat strategis karena berada di kawasan kompleks wisata-wisata lainnya yang ada di Bangkok, Thailand. Lokasi yang menguntungkan ini memungkinkan menjadi destinasi yang pasti dikunjungi. Khao San Road dapat dijangkau hanya dengan jalan kaki kurang lebih sejauh 1 km dari lokasi Grand Palace. Meskipun berjalan sejauh 1 km, semua tidak akan terasa jika anda menikmati di sekeliling perjalanan yang memanjakan anda dengan suasana tiada duanya. Terlebih lagi jika anda sangat menyukai dengan hobi berselfi. Banyak spot untuk foto yang unik dan menark.

Dunia BackPacker ala Khao San Road Thailand

Khao San Road Thailand menjadi tempat favorit para backpacker dunia. Banyak menyebutnya sebagai surganya para backpacker. Lokasinya berupa lorong jalan atau dapat pula disebut sebagai gang jalan kecil. Meskipun terkesan kecil, namun di Khao San Road ini terdapat beragam segala macam fasilitas yang menunjang para backpacker dari budget minimun hingga maksimum segaligus. Heheh. Apa aja yang ada di Khao San Road, beberapa andalannya adalah mulai jajanan berbagai macam makanan yang dipajang hingga pilihan beragam jenis hotel, homestay, hostel, dorm dan model penginapan lainnya tersedia. Selain itu, di sana juga banyak jenis pertokoan, bar, cafe hingga pedagang baju kaos, souvenir, agen visa, bahkan agen turis dan travel dengan harga yang relatif murah yang juga siap melayani para backpacker untuk traveling di sekitar wilayah Thailand. Sudah terbayangkan bagaimana bentuknya. Pasti ramai banget ya di sana. Sepertinya, bila melihat suasana tersebut kemungkinan hampir sama dengan Jalan Maliboro yang ada di Yogyakarta. Ramai dan penuh dengan beragam fasilitas murah meriah yang memanjakan para backpacker.

Khao San Road Thailand seakan tidak pernah tidur. Hampir 24 jam dari pagi, malam, hingga pagi hari lagi tidak pernah sepi dan pasti selalu di lalui oleh para wisatawan. Saat pagi hingga sore, Khao San Road dapat dilalui oleh kendaraan bermotor, namun saat menjelang malam hari, jalanan berubah total yang dipenuhi para wisatawan yang lalu lalang dengan di iringi berbagai musik dari bar atau cafe di sekitarnya. Dan disamping-samping area tersebut, banyak sekali pedagang yang akan siap anda borong barang oleh-oleh karena murah meriahnya.

Jika anda adalah backpackers dan ingin suasana ramai, serba murah dan bisa saling berinteraksi dengan para backpackers lainnya dari berbagai dunia, maka tempat ini merupakan tempat yang pas buat anda kunjungi, bahkan bisa sekalian mencari penginapan di area ini.

Namun jika hanya sekedar ingin berkunjung ke sini, maka spot wisata ini dapat menjadi salah satu destinasi tambahan yang bisa anda tambahkan dalam kunjungan wisata, khususnya saat berwisata ke beberapa kuil di sekitar area Grand Palace, Wat Pho, Bangkok National Museum dan lain sebagainya.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan Grand Palace, maka transportasi menuju Khao San Road ini pun sama dengan jika akan berkunjung ke Grand Palace. Sebagai contoh, dari jika anda menginap di hotel sekitar Chatuchak Market di kota Bangkok, maka terlebih dahulu harus naik train (BTS) menuju ke stasiun Saphan Taksin dan selanjutnya berpindah ke transportasi air yaitu naik river taxi atau tourist boat, hal ini disebabkan karena lokasinya terpisah oleh sungai Chao Phraya yang mengharuskan kita melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi sungai.

Nah selanjutnya tinggal berjalan kaki mengelilingi spot beberapa kuil yang ada di sekitar Grand Palace dan dilanjutkan dengan berjalan kaki ataupun menyewa tuk-tuk (jangan lupa nawar tarif tuk-tuknya ya gaes) untuk dapat sampai ke spot Khao San Road. Berhubung jika anda memang ingin jalan kaki saja, maka cukup tinggal mengaktifkan aplikasi Google Maps dan mengikuti arahnya hingga sampai dengan selamat di tempat tujuan…hehehe.

Beberapa tips agar dapat puas menjelajah keramaian Khao San Road diantaranya:

  • Jika ingin berliburan ke Khao San Road dengan kondisi agak legang meskipun setiap hari terus dipadati banyak pengunjung sebaiknya berkunjung di hari-hari efektif, bukan di musim liburan atau moment peringatan khusus hari-hari tertentu. Namun jika ingin menikmati suasana ciri khas dari Khao San Road yang penuh dipadati para backpacker maka datanglah di kala musim liburan dan hari khusus perayaan tertentu di Thailand.

  • Jika ingin membeli dan menyantap sedapnya makanan yang dijajakkan disepanjang jalanan di Khao San Road sebaiknya anda bertanya untuk mengetahui makanan tersebut halal atau tidak untuk di makan.

  • Kuliner yang direkoemndasikan untuk dcoba karena rasanya yang enak di kawasan wisata Khao San Road diantaranya adalah membeli es krim kelapa muda dengan harga sekitar 40 Baht (Rp. 16.000). Dengan meminum es krim ini akan membantu anda terhindar dari dehidrasi karena cuaca di Bangkok yang lagi-lagi super panas, jadi anda keliling ke lokasi wisata pasti akan sering haus dan ini lah salah satu obat hausnya yang top cerr. Selain itu, es krim ini selain enak juga sangat unik karena wadahnya berupa batok kelapa muda yang daging kelanya sudah dikeruk dan di taruh di dalamnya. Setelah itu, bagian atas daging kelapa muda yang dikeruk tadi ditutupi dengan 4 buah bongkah ice cream vanila dan diberi susu kental manis coklat bertaburan kacang tanah. Emmmss pasti yummy mantap sekali di minum siang-siang yang panas-panasnya. Cesssss.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.