Gambara Siap Luncurkan Lomba Foto Toba Bangkit 2018

Tradisi lomba foto Gambara siap diluncurkan pada Agustus 2018 mendatang. Demikian disampaikan Ketua Panitia Gambara Toba 2018 Palti Siregar menyampaikan saat pertemuan panitia dengan para kurator Gambara di Galeri Foto Jurnalistik Antara.

Pertemuan ini merupakan konsolidasi kepanitiaan Gambara dengan para Kurator yang terlibat sebagai pengarah di lomba foto Gambara sebelumnya, yaitu Gambara Nias 2010 dan Gambara Flores 2012.

Tim Kurator yang diwakili Oscar Motuloh, Riza Marlon, dan Tirto Andayanto menyambut baik rencana tersebut. Pada kesempatan ini, para kurator banyak memberikan masukan strategis tentang pelaksanaan lomba tersebar di tanah air ini.

Selain 3 kurator tersebut, Gambara juga didukung dengan kurator yang terdiri dari fotografer-fotografer kenamaan di Indonesia seperti Arbain Rambey, Don Hasman, Nyoman Bayu, Moses Agustian, Goenadi Haryanto, Ray Sugiharto, dan Makarios Soekojo.

Panitia memaparkan kepada para kurator tentang hasil survey lokasi lomba yang ditelah dilakukan selama 2 bulan terakhir. Lokasi-lokasi ini berlokasi di 7 kabupaten Kawasan Danau Toba.

Lokasi ini memiliki kemiripan karakter berupa desa-desa adat yang masih eksis dan memiliki kondisi realitas sosial yang sama. “Lokasi lomba Gambara kali ini kita pilih melalui beberapa pertimbangan, riset, dan survey yang mendetail,” kata Palti Siregar.

Siregar menambahkan, panitia Gambara kali ini terbentuk dari dukungan Kafepotret yang berbasis di Medan. Selain dari Medan, beberapa tenaga ahli dari Jakarta juga dilibatkan sebagai pendukung teknis lomba foto ini.

“Lomba foto ini bertujuan ingin menampilkan wajah Kawasan Danau Toba dari banyak aspek yang bisa disaksikan masyarakat dunia”, jelas Palti Siregar.

Riza Marlon Menjadi Ketua Kurator

Pada pertemuan ini, dewan kurator Gambara menunjuk Riza Marlon sebagai Ketua Dewan Kurator Gambara Toba 2018. Penugasan ini sebelumnya diemban oleh Arbain Rambey di Gambara Nias dan Oscar Motuloh di Gambara Flores.

Selain telah menjadi kurator di dua seri Gambara sebelumnya, Riza Marlon adalah seorang fotografer senior tanah air yang konsern di fotografi alam liar. Hal ini sinergi dengan penambahan aspek lingkungan dan alam bebas di Gambara kali ini. Aspek ini belum ada di dua seri Gambara sebelumnya. Selain Riza Marlon, dewan kurator juga memberikan mandat kepada Tirto Andayanto untuk mendampingi Riza Marlon.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.