Chatuchak Weekend Market, Surga Berbelanja Murah di Bangkok, Thailand

Sobat Klayapan,

Bangkok sudah dikenal sebagai surga berbelanja, terutama untuk kelas menengah . Sebagian orang – orang kelas atas mungkin tidak memilih Bangkok sebagai destinasi berbelanja. Thailand memiliki jenis wisata yang komplit. Baik pemerintah maupun masyarakatnya serius membangun wisata dan banyak masyarakatnya yang tergantung hidupnya pada industri pariwisata.  Hal yang paling sederhana dan menonjol adalah jarang ada kelihatan tukang parkir di beberapa tujuan dan kota-kota penting di Thailand. Sudah beberapa kota yang saya singgahi, terutama kota-kota tujuan wisata. Mungkin persentase pengangguran mereka rendah atau tingkat kehidupan masyarakatnya sudah meningkat. Yang menariknya lagi Thailand terkenal dengan pesona budayanya dan biaya hidup yang rendah. Masyarakatnya cukup ramah dengan wisatawan, minimal tidak melotot atau melihat terus setiap wisatawan asing yang lewat. 

Foto bersama di belakang Chatuchak Weekend Market
Salah satu sudut keramaian pasar Chatuchak

Ketika nama Bangkok disebut, pasti muncul padanan katanya adalah “belanja” atau shopping. Karena Bangkok terkenal dengan wisata belanja yang sangat menarik dan tidak mahal, bersahabat dengan kocek wisatawan pas pasan juga. Tentunya barang KW juga banyak beredar.  Untuk itu hari ini saya akan bercerita sedikit tentang pasar Chatuchak yang bener-bener pasar seperti di Indonesia pada umumnya. Saya yakin anda pasti suka berbelanja disini. Karena ada 200.000 orang yang menjelajahi pasar ini diakhir pekan … pasti seru dan menantang.

Aneka barang kreatif untuk desain interior yang murah
Aneka lampu hiasan yang lebih murah dari harga di Kuala Lumpur

Diatas kawasan seluas 35 ha, Pasar Chatuchak hanya dibuka di akhir pekan, yaitu sabtu dan Minggu dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Makanya disebut weekend market. Kalau hari Jumat buka dimalam hari dari jam 6 sore sampai jam 12 malam.  Karena sangat besar, ada baiknya sobat Klayapan mempelajari peta lokasi yang mudah ditemukan disana. Dengan mempelajari peta lokasi, kita mendapatkan gambaran atas jenis barang yang kita ingin lihat dan dibagian mana letak lokasinya. Karena disetiap blok ada karakteristik jenis barangnya. Dan karena waktu, kadang kita tidak bisa melihat semuanya. Selain capek berjalan juga kita kehabisan waktu untuk melihat barang dan tawar menawar.

Barang-barang untuk desain interior yang menarik

Konon kabarnya, Chatuchak Weekend Market merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara. Bila teman – teman meragukannya, boleh disinggahi bagi yang belum pernah. Didalamnya ada sekitar 1000 gerai yang dibagi menjadi 27 sektor/ area, seperti fashion (pakaian), furniture (perabot), kain, cenderamata, perhiasan, binatang peliharaan, kuliner (aneka makanan dan minuman), barang antik, home decoration, tanaman, parfum / aroma terapi dan lain – lain. Dipasar ini menjadi tempat pertemuan pedagang retail dan grosir.

Pembagian lokasi dan kategori barang :

  • Pakaian (clothing) dan perlengkapannya , section 2 – 6, 10 – 16.
  • Kerajinan tangan (Handicraft), section 8 – 11.
  • Keramik , section 11, 13, 15, 17, 19, 25)
  • Makanan dan minuman , section 2, 3, 4, 23, 24, 26, 27.
  • Tanaman dan gardening tools , section 3, 4)
  • Seni dan galari , section 7
  • Hewan peliharaan (pets), section 8, 9, 11, 13.
  • Buku , section 1, 27.
  • Barang antik dan koleksi , section 1, 26
  • Lain-lain dan pakaian seken (used clothing) , section 2, 3, 4, 5, 6, 22, 25, 26.

How to go there….

Karena berada dipusat kota Bangkok, tentu tidak sulit untuk mencari atau menuju ke Chatucak Weekend Market. Paling mudah tentu dapat menggunakan taxi, grab (taxi online ) dan tuk tuk. Terletak di jalan Kamphaeng Phet 3rd, Khwang Lat Yao, Krung Thep Maha Nakhon. Tidak perlu menghapal nama jalan, sebut nama Chatuchak saja, orang-orang sudah tahu.

Mari coba ice creamnya
Salah satu toko jualan aneka jenis topi

Bagi yang ingin menggunakan transportasi massal yang lebih mudah dapat menggunakan jalur transportasi skytrain atau MRT.

Caranya:

  • Bisa naik Skytrain (BTS Sukhumvit Line), turun di Mochit Station (N8) ambil exit 1 dan jalan ikuti arus sampai ketemu pintu masuk kecil ke pasar Chatuchak di bagian pakaian (Clothing Section).
  • Naik Subway (MRT) turun Chatucak Park Station (Exit 1) atau Kampheng Phet (Exit 1) berjalan sampai ke pintu masuk kecil menuju pasar.
Aneka kuliner street food
Aneka souvenir yang sangat banyak jenisnya

Beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Karena ini pasar tradisional, pakailah pakaian yang ringkas dan nyaman. Serta sepatu yang nyaman. Jangan pakai sepatu high hells dan kondisi suhu di dalam umumnya panas. Tidak ada AC dan harus keluar masuk gang.
  2. Bawa uang tunai Baht, karena banyak toko yang tidak menggunakan kartu kredit atau sejenisnya.
  3. Bawa backpack atau koper kecil untuk kenyamanan anada membawa barang belanjaan. Karena disini surga berbelanja, umumnya parti banyak belanjaannya, terutama buat para wanita. Dengan kantongan plastik aka nada resiko ketinggalan barang belanjaan.
  4. Datang lebih pagi, selagi tidak banyak orang.
  5. Ambil peta di counter informasi.
  6. Bawa botol minuman bagi yang suka cepat haus.
  7. Di Chatucak dilarang merokok, kena denda 2000 Baht apabila kedapatan merokok di dalam lokasi.
  8. Waspada dengan barang belanjaan dan waspada dengan copet.
Pet shop juga banyak termasuk jenis hewan-hewannya
Diruas jalan yang membatasi kelompok-kelompok kios di dalam

Tidak sah rasanya bila ke Bangkok belum pernah berbelanja di Chatuchak Weekend Market. Pengalaman saya setelah berada dipasar ini, dua bulan kemudian ada persinggahan ke Jonker street – Melaka , Malaysia, kebetulan melihat barang yang sama yang saya beli di Chatuchak, berupa lampu-lampu hiasan … harganya memang bebeda jauh. Memang pajangan di toko souvenir di Melaka, lampu sejenis ini hanya sedikit pajangannya. Beda dengan di Chatuchak yang satu toko semuanya berisi lampu sejinis yang saya beli. Mungkin ini toko grosiran, tapi jual retail juga. Sudah pasti barang di Chatuchak lebih murah. Semoga pengalaman ini dapat menjadi referensi sobat Klayapan untuk menikmati liburannya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.