Benteng Batere A, Peninggalan Cagar Budaya Kota Sabang yang Terpinggirkan

Benteng Batere A. Mudah–mudahan cerita sejarah tidak membosankan pembaca. Sekali lagi ini adalah merupakan hasil jelajah dengan teman-teman dari Balai Cagar Budaya Banda Aceh di Kota Sabang. Mereka lah yang memfasilitasi kami sampai ke kota Sabang dan membawa kami keliling melihat dan mendokumentasikan berbagai peninggalan dimasa pendudukan tentara Jepang di kota Sabang. Setelah cerita 2 lokasi cagar budaya lainnya di Sabang, kini kita sambung lagi cerita peninggalan cagar Budaya yang masih bertepatan di Kota Sabang. Hanya karena ada teman-teman dari Balai Cagar Budaya Aceh inilah kami mendapat kesempatan mengunjungi peninggalan sejarah di Kota Sabang.

benteng batere A

benteng batere A

Namanya Benteng Batere A yang berada di kelurahan Cot Ba’u, kecamatan Suka Jaya kota Sabang. Tidak gampang menuju ke lokasinya, karena jalannya yang rusak berat dan mengecil. Mobil tidak bisa sampai ke lokasi persis. Kita harus berjalan kaki menuju Bentengnya.

benteng batere A

benteng batere A

Potensi wisata sejarah dan peninggalan sejarah seperti diabaikan begitu saja. Penduduk sekitar mengatakan bahwa lokasi itu beserta jalannya adalah milik TNI AL, sehingga pihak lain tidak dapat berbuat banyak. Sangat jelas berbeda prilaku orang pusat dengan daerah, di daerah tidak ada yang melihat ini dan tentu saja tidak ada juga yang peduli dengannya.

benteng batere A

benteng batere A

Luas lahan benteng ini adalah 54,60 X 90 meter persegi yang terdiri dari berbagai komponen bangunan, seperti: bangunan utama, bangunan pengintai, tangga benteng, bak penampung air dan meriam. Konon katanya, benteng ini digunakan untuk pertahanan dan tempat tawanan perang. Denah bangunan ini adalah segi empat dengan lorong–lorong yang digunakan sebagai jalan untung menghubungkan antara tempat pengintaian yang ada disisi tanggul benteng bagian barat dan bak air yang terdapat pada lorong benteng bagian utara. Sedangkan dalam bangunan benteng terdapat ruang yang difungsikan sebagai kamar dan mempunyai satu pintu dan 4 buah jendela. Selain itu juga terdapat 3 buah bangunan pengintai yang berada di belakang bangunan induk. Untuk menyimpan cadangan air, dibuatlah bak air yang berukuran panjang 5,6 M dengan lebar 2,7 M dan tinggi 2M. Ada 2 meriam yang terdapat dibenteng ini dengan panjang 4,8M. Namun seperti benteng lainnya, benteng ini juga terletak di atas ketinggian dan dapat melihat kearah lautan. Pada saat menuju ke lokasi, kami hanya melewati daerah perkampungan atau pemukiman penduduk. Tidak ada nampak laut. Tapi setibanya di benteng, baru kelihatan ada hamparan laut dan melihatnya harus dari atap benteng. Bangunan benteng lebih rendah dari permukaan tanah layaknya seperti bunker persembunyian.

benteng batere A

benteng batere A

Banyak terdapat kerusakan pada bangunan utama, dan ada juga vandalisme berupa coretan pada dinding. Ada kelihatan perbaikan kecil – kecil, namun tidak dikerjakan dengan sungguh – sungguh. Menurut penjaganya, mereka kerjakan sendiri mana yang bisa mereka kerjakan sendiri dan perawatannya. Potensi obyek wisata ada disini apabila dikelola dengan baik dan dipagar tentunya. Jalan menuju lokasi juga harus diaspal dan diperlebar untuk lalu lalang mobil.

benteng batere A

benteng batere A

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Free Email Updates
Get the latest content first.
We respect your privacy.